Perilaku Aparat Birokrasi dalam Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk

Benny Kurniawan Putra Sembiring(1*), Heri Kusmanto(2), Usman Tarigan(3),


(1) Pemerintah Kabupaten Langkat
(2) FISIP, Universitas Sumatera Utara
(3) FISIPOL, Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku aparat birokrasi dalam pelayanan elektronik kartu tanda penduduk. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menggambarkan permasalahan yang ada kaitannya dengan perilaku aparat birokrasi dalam pelayanan e-KTP. Penelitian dilakukan di Kantor Camat Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat.  Populasi penelitian yaitu seluruh pegawai dan masyarakat dengan pemilihan sampel yaitu  26 orang (1 orang camat, 1 sekretaris camat, dan 24 orang masyarakat). Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa perekaman data warga sampai awal bulan September 2016 sebesar 83,4% tetapi belum mencapai target yang diharapkan yaitu 100% sampai akhir bulan September 2016.  Perilaku aparat birokrasi Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat dalam pelayanan meliputi kepedulian, kedisiplinan, dan tanggung jawab berjalan baik tetapi sebagian masyarakat masih ada yang merasa bahwa perilaku aparat birokrasi yang tidak baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku birokrasi pemerintahan dalam pelayanan e-KTP yaitu kepemimpinan, kompetensi, penghargaan dan fasilitas kerja. Perilaku aparat untuk terus ditingkatkan dan diperbaiki dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat yang datang dalam pengurusan e-KTP memberikan apresiasi.


Keywords


Perilaku, Aparat Birokrasi, Pelayanan e-KTP.

Full Text:

PDF

References


Dewi, A. 2002. Kebijakan Publik dan Partisipasi Perempuan. Jakarta: Pattiro.

Donald, J, 2008. A Theory Government Science. New York: Publishing by Fortune

Dwiyanto, AB, 2004. Tata Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta

Fredrich, R, 2006. Perception of Government Public Service. Diterjemahkan oleh Purwoko, Massachusetts: Allyn and Bacon.

Gebrald, Jr, 2007. Development Management and Planning of Government. Publishing by Economic Cooperation and Development.

Handayaningrat, Soewarno. 2007. Pengantar Studi Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Haji Masagung.

Haq, S. 2014. Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan e-KTP Pada Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo. Jember: Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember (UNEJ).

Hart, P., 2005. Strategic Management Concept and Cases, Ney Jersey: Prentice Hall.

Ime, S.P.S. 2014. Kinerja Pemerintah Kecamatan Dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) (Suatu Studi Di Kantor Kecamatan Passi Barat Kab. Bolaang Mongondow). Jurnal Administrasi Publik. 2014: 147-159.

Indonesia, Departemen Pendidikan, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PN. Balai Pustaka

Moekijat. 2004. Manajemen Lingkungan Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Moleong, L.J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslimin, A. 2007. Beberapa Asas dan Pengertian Pokok Tentang Administrasi dan Hukum Administrasi, Bandung: Alumni.

Nurjihan. 2016. Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Pembuatan e-KTP pada Kantor Kecamatan Samarinda Kota di Kota Samarinda. E-Journal Ilmu Pemerintahan, 4 (1), 2016: 294 – 305.

Perdana, A. 2013. Efektivitas Pelayanan Program e-KTP Pada Masyarakat. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 2013: 2(2).

Poerdarminta, WJS, 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PN. Balai Pustaka.

Ridwan. 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Robbins, AG, 2008. Analysis and Approach of Government Science. Manchester: Manchester University Press.

Sanapiah, P, 2000. Pengantar Administrasi Publik. Jakarta: PT. raja Grafindo Persada.

Santoso, S, 2005. Birokrasi dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Semil, AG, 2005. Analysis and Approach of Strategy. Manchester: Manchester University Press.

Siagian, S.P. 2008. Filsafat Administrasi, Jakarta: Haji Masagung.

Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Radar Jaya Offset

Soeharto, I. 2002. Metode Penelitian Sosial. Cetakan Pertama. Bandung: Remaja Rosda Karya

Soekarno K, 2007. Dasar – dasar Manajemen. Cetakan Pertama. Jakarta: Miswar.

Sugiyono, 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunggono, B, 2004. Hukum dan Kebijaksanaan Publik. Jakarta: Sinar Grafika.

Surich, G, 2008. The Structure of Unstructured Decision Processed. Ohio: Prentice Hall.

Suryaningrat, B. 2009. Perumusan Kebijaksanaan dan Koordinasi Pembangunan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara

Sutopo, dan Sugiyanto, 2007. Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

Thoha, Miftah, 2005. Administrasi dan kebijakan Publik. Cetakan Pertama. Jakarta: Rineka Cipta.

, 2008. Teori-teori Mutakhir Administrasi Publik. Yogyakarta: Rangkang Education.

Wahab, S A, 2006. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan, Bumi Aksara Jakarta.

Waldo, D, 2005. Pengantar Studi Public Administrasi. Terjemahan Selamet W. Admosoedarmo. Jakarta: Radar Jaya Offset.

Widodo, TH, 2008. Ilmu Pemerintahan dan Kebijakan Publik. Jakarta: Rineka Cipta.

Winardi, Abdi, 2004. Teori Perilaku Birokrasi. Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.

Winarno, B. 2002. Kebijakan dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.

Undang-Undang dan Peraturan

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 63 Tahun 2011 Tentang Pedoman Penataan Sistem Tunjangan Kinerja Pegawai Negeri.

Undang-Undang No 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Peraturan Presiden No 26 Tahun 2009 tentang Penerapan KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan secara nasional.

Peraturan Presiden No 35 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden No. 26 tahun 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jap.v6i2.1049

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.