Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Langkat Tahun 2015

AHMAD BUKHARI SIREGAR(1*), Heri Kusmanto(2), Isnaini Isnaini(3),


(1) Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langkat
(2) FISIP, Universitas Sumatera Utara
(3) Fakultas Hukum, Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Pedoman kinerja Kepala Sekolah yang dikeluarkan Permendiknas tentang standar pengelolaan sekolah harus menjadi Evaluasi kinerja kepala sekolah yang berdasarkan tupoksinya. Tupoksi kepala sekolah yang mengacu pada Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kinerja dan Akuntabilitas Kepala Sekolah Menengah Kejuruan se-Kabupaten Langkat dalam mengimplementasikan Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 sebagai standar pengelolaan sekolah, meliputi perencanaan program, pelaksaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah serta sistem informasi sekolah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk Mengevaluasi kinerja dan Menganalisis akuntabilitas Kepala Sekolah menengah kejuruan se-kabupaten langkat dalam melaksanakan pengelolaan sekolah, meliputi perencanaan program, pelaksaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah serta sistem informasi sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode bersifat analisis deskriftif dimana yang menjadi informan adalah tujuh orang informan dengan waktu penelitian kurang lebih 2 (dua) bulan bertempat di Kantor dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langkat. Hasil dari penelitian ini dinilai kinerja Kepala Sekolah Menengah Kejuruan se-kabupaten langkat sudah cukup baik. Namun perlu ditingkankan lagi agar dapat menjadi lebih baik lagi.


Keywords


Evaluasi Kinerja

Full Text:

PDF

References


Aamodt, M.G. (2004). Applied industrial/organizational psychology. Belmont USA. Wadswort/Thomson Learning.

Anorogo (1990). Psikologi dalam perusahaan. Jakarta. Rineka Cipta.

A.S. Wahyudi. (1996). Manajemen Strategi. Jakarta. Binarupa Aksara.

Byars, L.L & Leslie, W. R. (1984). Human resource and personel management. Illinois. Homewood.

Dessler, G. (2007). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta. Indeks.

E. Mulyasa, (2010). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jakarta. Rosda.

Gibson, J.I, John M, Ivancevich & James H, Donnely Jr. (1997). Organisasi dan manajemen: perilaku, struktur, proses. Jakarta. Erlangga.

Hari Sudrajat, (2004). Manajemen Peningkatan mutu Berbasis Sekolah. Bandung. Cipta Cekas Grafika.

Hendiyat Soetopo, dan Wasty Soemanto, (1988). Kepemimpinan & Supervisi Pendidikan. Jakarta. PT. Bina Aksara

Isbandi (1994), Psikologi pekerja sosial dan ilmu kesejahteraan sosial. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Jewell, L.N, Siegel, Marc. (1998). Psikologi industri/organisasi modern. Jakarta. Arcan.

Mas’ud, F. (2004). Survai diagnosis organisasional. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mc Cormick, Ernest & Joseph, Tiffin, J. (1974). Industrial psychology. New Jersey. Prentice Hall Inc.

Mulyana, E. (2007). Standard Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2009), Metode research (penelitian ilmiah). Jakarta. Bumi Aksara.

Prabu, A. (2013). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Wahyosumidjo. (1999). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, S.P. (2001). Perilaku organisasi, konsep, kontroversi, aplikasi. Jakarta. Prenhallindo.

Robbins, S.P. dan Judge, T.A. (2009). Perilaku organisasi. Jakarta.Salemba Empat.

Seymour, J.M. (1991). AID University linkages for agricultur develompment. Journal Of Higher Education, Vol. 5, 467-507.

Siegel dan Lane (1989). Organisasi dan manajemen. Jakarta. Erlangga.

Snell, S.A. James, W. Dean, Jr. (1992). Integrated anufacturing and human resources manajemen: a human capital perspectif. Jurnal Academy Of Management Review, Vol 5, 467-504.

Suhertian, (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta Rineka Cipta

Soemanto, W. (1990). Psikologi pendidikan. Jakarta.Rineka Cipta.

Steers, RM. (1985). Efektifitas organisasi, kaidah perilaku. Jakarta. Erlangga.

Strauss dan Sayles (1994). Psychology of human behaviour. New Delhi. Mc.Graw Hill Book Company Inc.

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, CV Alfabeta.

Watson dan Tregerthan (1994). Introduction to psychology. New York. Mc.Graw Hill Book Company Inc.

Wexley dan Yukl (1998). Perilaku organisasi dan psikologi personalia. Jakarta.Bina Aksara.

Winardi, J. (2008). Motivasi dan pemotivasi dalam manajemen. Jakarta.Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jap.v6i1.1053

Article Metrics

Abstract view : 193 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.