EVALUASI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN JALAN LINGKUNGAN DI KELURAHAN DWIKORA KECAMATAN MEDAN HELVETIA KOTA MEDAN TAHUN 2012


Doni Edwin Siregar(1*), Kariono Kariono(2),


(1) Kelurahan Dwikora Kecamatan Helvetia Pemerintah Kota Medan
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-USU
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui tingkat kepuasan masyrakat terhadap pembangunan jalan lingkungan di Kelurahan Dwikora yang terletak di Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan merupakan salah satu kelurahan yang mendapatkan pembangunan jalan lingkungan pada tahun 2012. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey bersifat deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Keluarga di wilayah lingkungan Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia yang telah dilaksanakan pembangunan jalan lingkungan yang berjumlah 410 Kepala Keluarga. Sedangkan jumlah sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling (sampel acak berlapis proporsional). Variabel dievaluasi dari aspek kepuasan masyarakat, yang diukur dengan variabel indeks kepuasan masyarakat (IKM) sesuai dengan Kepmen PAN Nomor: 25 Tahun 2004. Untuk analisis data dilakukan berdasarkan skoring dari hasil kuesioner dengan menggunakan skala likert 1-4 dan dianalisis dengan perhitungan indeks kepuasan masyarakat (IKM) sesuai dengan Kepmen PAN Nomor : 25 Tahun 2004. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM) sebesar 3,03 yang berarti tingkat kepuasan masyarakat termasuk “kategori baik”.


Keywords


Evaluasi, Kepuasan, Pelayanan Publik, Kota Medan

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Panji (1998). Psikologi Kinerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Cochran, William G. (1997). Sampling Techniques. New Delhi: Weseley Eastern Private Limited.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1995), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Gibson, Ivancevich & Donnelly, (1992), Organisasi (terjemahan: Djoerban Wahid), Jakarta

Handoko. T. hani (1996). Manajemen Kepegawaian. Yogyakarta: Kanisius

Harbani, Pasolong, 2007, Teori Administrasi Publik, Bandung: Alfabeta.

Hoy W.K. dan Miskel CG., (1998), Educational Administration: Theory, Research, and Practice. New York: Random House, Inc.

Israel, Arturo (1990). Pengembangan Kelembagaan Pengalaman Proyek-Proyek Bank Dunia. Jakarta : LP3ES

Mahidin (2002). Kontribusi Disiplin dan Persepsi tentang Pembelajaran terhadap Keprofesionalan Staf Pengajar Fakultas Tarbiyah IAIN-SU Medan, Tesis, UNP Padang.

Moenir, A.S. (1987). Pendekatan Manusiawi dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nawawi, Hadari dan Martini (1993). Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Muhammad A, dan Usman T., (2013). Evaluasi Kinerja Pemerintah Desa Bandar Tengah Kecamatan Bandar Khalifah Kabupaten Serdang Bedagai, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1 (2): 98-111.

Nasution, F.R. dan Rudi S.S., (2014). Evaluasi Kinerja Pegawai Kantor Samsat dalam Pelayanan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2 (1): 1-17.

Nasution, F.R., dan Abdul M., (2015). Evaluasi Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat UPT Pangkalan Brandan, Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 3 (1): 1-7




DOI: https://doi.org/10.31289/jap.v5i1.1068

Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF - 286 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Program Pascasarjana Magister Administrasi Publik, Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License