Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kisaran dalam Pelaksanaan Pekerjaan di Kabupaten Asahan

Qurrota A’yuni(1*),


(1) Magister Administrasi Publik Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pola kepemimpinan Kepala MAN Kisaran dalam melaksanakan pekerjaan, pendelegasian wewenang dan koordinasi kerja di Kabupaten Asahan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui, wawancara, observasi dan dokumen terhadap informan kunci yang dianggap benar-benar dapat memberikan informasi mengenai orang, peristiwa atau hal dengan tidak mementingkan jumlah informan tetapi lebih mementingkan bagaimana relevansinya dan ketepatannya dengan penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola kepemimpinan Kepala MAN Kisaran dalam melaksanakan pekerjaan secara demokratif dan patisipatif, artinya perilaku pimpinan tersebut tidak otoriter, mau menerima masukan dari pegawainya, mengajak berdiskusi dan membuat keputusan secara musyawarah, kemudian dalam pelaksanaan pendelegasian wewenang telah berjalan sebagaimana mestinya, pembagian tugas dan kerja pegawai tersebut dilakukan secara adil, tidak diskriminatif dan membagi tugasnya sesuai dengan bidang masing-masing Dalam hal koordinasi kerja terjalin cukup baik, secara vertikal hubungan kerja Kepala MAN Kisaran dengan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Asahan terjalin hubungan kerjasama yang baik, terintegrasi dan terpadu,  secara horizontal Kepala MAN Kisaran selalu aktif memberikan informasi terbaru dan mensosialisasikan kepada wakil, guru dan pegawai di dalam rapat internal.


Keywords


Pola Kepemimpinan; Kepala MAN Kisaran; Pekerjaan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Ban, Carolyn. 1995. How Do Public Managers Manage? San Francisco: JosseyBass Publishers.

Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Gramedia.

Burhanuddin, 2004. Gaya Kepemimpinan Ideal, Bandung: Press.

Dimock, Marshall E.. 1986. Administrasi Negara.Jakarta: Erlangga.

Holland. 1993. Public Sector Management. New York: Harvester Wheatsheaf.

Hall. Edward 2002. Leadership Theoery. Belmont: Wadsworth/thomson Learning.

Handoko, 1997. Sukses Kepemimpinan, Surabaya: Erlangga.

Hersey and Robbins, 2002, Leadership, New York: Bringham University.

Kartasasmita, Ginanjar. 1997. Administrasi Pembangunan. Jakarta: LP3ES.

Koontz, 2001, Leadership is Influence People to Follow Individu. New York: Harvard University

Lovelock, Christopher. 2002. Services Marketing in Asia : Managing People, Technology and Strategy. New Delhi: Prentice Hall.

McKevitt, David; Lawton, Alan. 1994. Public Sector Management. London: Sage.

Muhadjir, Darwin. 2001. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.

Nasir, Moh.. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nursalam, 2007. Pola Kepemimpinan Mentransformasikan Semangat Wirausaha ke Dalam Sektor Publik (Reinventing Government – How The Enterpreneurship Spirit in Transforming the public Sector). Jakarta: PPM.

Osborne, David dan Plastrik, Peter. 1996. Banishing Bureaucrachy : The Five Strategies For Reinventing Government. Reading, Massachusetts: AddisonWesley.

Parasuraman, A., Zeithalm, V., dan Berry L. 1988. Servqual: A Multiple item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retaliling.

Rachamnsyah, 2008. Kepemimpinan Otoriter, Demokratis dan Paternalistik, Jakarta: Sinar Grafika.

Sutisna, 2002. Manajemen Birokrasi. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Sutarto, 2008.Pembagian Wewenang.Jakarta:Sinar Grafika.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business. Jakarta: Salemba Empat.

Simon, Herbert A.. 1962. Public Administration : Administrative Behavior. New York: Macmillan.

Siswanto. 1987. Pendelegasian Wewenang Publik. Semarang: Tiga Serangkai.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Persada.

Sugiarto. 2003. Teknik Sampling. Jakarta: PT. Gramedia Pusta Utama.

Thoha. 2000. Kepemimpinan Partisipatif. Jakarta: Grafindo

Tjiptono, Fandi dan Gregorius Candra. 2005. Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyosumidjo, 1999. Perilaku Pimpinan dalam Manajemen, Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jap.v7i1.1265

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.