ANALISIS PELAYANAN PRIMA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBAGIAN BERAS MISKIN (RASKIN) DI KECAMATAN SIDIKALANG

Iis Hamidah Ujung(1*), Badaruddin Rangkuti(2),


(1) Pemerintah Kabuparen Dairi
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pelayanan prima terhadap pelaksanaan pembagian beras miskin (RASKIN) di Kecamatan Sidikalang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat pelayanan prima terhadap pelaksanaan pembagian beras miskin (RASKIN) di Kecamatan Sidikalang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pembagian beras miskin di Kecamatan Sidikalang belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh kontribusi dalam pembagian beras miskin kepada masyarakat kurang efektif sehingga terjadi ketidak puasan bagi masyarakat dalam pembagian beras miskin tersebut. Salah satunya adalah kriteria penerima manfaat beras miskin tersebut tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh ketentuan yang berlaku, contohnya adalah masih adanya penduduk miskin yang tidak mendapat manfaat dari program beras miskin. Penerima manfaat beras miskin di Kecamatan Sidikalang adalah 2.273 rumah tangga sekitar 25% jumlah penduduk miskin di Kecamatan Sidikalang. Terdapat beberapa faktor yang menghambat pelayanan prima terhadap pelaksanan pembagian beras miskin di Kecamatan Sidikalang antara lain fasilitas yang tidak mendukung dalam pembagian beras miskin, minimnya komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat sehingga mengakibatkan minimnya tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat tatkala tidak tepat waktunya pembagian beras miskin (RASKIN) dan tidak tepatnya jumlah beras miskin (RASKIN) yang diterima rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM).

Keywords


Pelayanan Prima, Beras Miskin (Raskin).

Full Text:

PDF

References


Afifuddin, 2010. Pengantar Administrasi Pembangunan; Konsep, Teori dan Implikasinya di Era Reformasi, Bandung; Alfabeta.

(Annonimuus). 2001. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2000 Tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas) Tahun 2000-2004, Jakarta : Tamita Utama.

Dimock. 1996. Public Administration (Administrasi Negara), Diterjemahkan Oleh Husni Thamrin Pane, Rineka Cipta; Jakarta.

Hadari, Nawawi. 1994. Ilmu Administrasi, Ghalia Indonesia; Jakarta.

Holle, Erick S. 2011. Pelayanan Publik Melalui Electronic Government; Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatkan Public Service, Jurnal Sasi Volume 17 Nomor 3 Bulan Juli-September 2011, www.google.com diunduh pada tanggal 15 Januari 2013 Pukul 09.00 PM

Indrawan, W.S. 2011. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Lintang Media: Jombang.

Istianto, Bambang. 2011. Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Publik, Mitra Wacana Media: Jakarta.

Imawan, Riswanda. 2005. Aspek Demokrasi Dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tinjauan Terhadap Masa Depan Politik Lokal, Makalah Seminar Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 dan Upaya Mewujudkan Good Governance, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poitik Universitas Negeri Surakarta.

Jati, Wasisto Rahardjo. 2011. Inovasi pelayanan Publik Setengah Hati: Studi Pelayanan Publik Samsat Kota Yogyakarta, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP) Volume 15, Nomor 1, Juli 2011 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Umum.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan.

Keputusan Menteri Koordinator Kesejahteraan Sosial Nomor 35 Tahun 2008 Tentang Tim Koordinasi Beras Miskin Pusat

Kasim, Azhar. 1994. Tantangan Terhadap Pembangunan Administrasi Publik, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi Nomor 2 volume 1 Maret 1996, FISIP-UI; Jakarta.

Kristiadi, J. B. 1993. Optimasi Sumber Daya Pembangunan Melalui Peningkatan Peran Swasta Dalam Pembangunan Sektor Publik, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi FISIP-UI; Jakarta.

Musawa, Mariyam. 2009. Studi Implementasi Program Beras Miskin (Raskin) Di Wilayah Kelurahan Gajahmungkur Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Tesis: Magister Ilmu Administrasi Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Maleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya: Bandung

Moenir, H. A. S. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara: Jakarta.

Nazir, Mohd. 1999. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia: Jakarta.

Nugroho, Heru. 2001. Negara, Pasar dan Keadilan Sosial, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Nurcholis, Hanif. 2005. Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Erlangga: Jakarta.

Pasolong, Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik, Alfabeta: Bandung.

Priyono, Agung. 2006. Pelayanan Satu Atap Sebagai Strategi Pelayanan Prima di Era Otonomi Daerah, Jurnal Spirit Publik Volume 2 Nomor 2 Okteober 2006 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Surakarta.

Pedoman Umum Beras Miskin (RASKIN) Tahun 2010

Pedoman Umum Beras Miskin (RASKIN) Tahun 2012.

Sedaryanti. 2004. Good Governance: Membangun Sistem Manajemen Kinerja Guna Meningkatkan produktivitas, Mandar Maju; Bandung.

Sumartomo. 1998. Reformasi Administrasi Publik Dalam Pelayanan Publik, Universitas Brawijaya: Malang.

Suradinata, Ermaya. 1994. Kebijaksanaan Pembangunan dan Pelaksanaan Otonomi Daerah, (Perkembangan Teori dan Penerapan), CV. Ramadhan; Bandung.

Sutomo. 2000. Masalah Sosial dan Pembangunan, Jakarta : Pustaka Jaya

Saefullah, D. 1999. Konsep dan Metode Pelayanan Umum yang Baik, Jurnal Publik Volume 10 Nomor 1, Tahun 1999 Universitas Padjajaran: Bandung.

Sahdan, Gregorius. 2008. Kemiskinan Desa, Menanggulangi Kemiskinan Desa, Jurusan Ilmu Pemerintahan STPMD, Yogyakarta. Diakses dari www.politea.wordpress.com, pada tanggal 01 Desember 2012 Pukul 1:25 PM

Suriadi, Agus dan Siswo Suroso. 2002. Pemetaan dan Pemberdayaan Masyarakat Miskin dalam Wawasan, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Volume 9 Nomor 1-2002, Medan : Yayasan Bina Mitra Wawasan dan Fisip Universitas Sumatera Utara.

Waluyo. 2007. Manajemen Publik (konsep, Aplikasi dan Implementasinya Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah), Mandar Maju; Bandung.

Widodo, Jaka. 2001. Good Governance, Insan Cendekia: Surabaya.

www.google.com//data-penerima-manfaat-raskin-2012

www.bulog.com. Diunduh pada tanggal 20 April 2013 Pukul 11.00 PM.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jap.v4i1.1361

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.