ANALISIS RESPONSIVITAS PELAYANAN PUBLIK Studi di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang

Darwin Darwin(1*),


(1) Wiraswasta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perbaikan kinerja birokrasi dalam memberikan pelayanan publik menjadi isu yang semakin penting untuk segera mendapatkan perhatian dari semua pihak. Birokrasi yang memiliki kinerja buruk dalam memberikan layanan kepada publik akan sangat mempengaruhi kinerja pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan dalam rangka meningkatkan daya saing suatu negara pada era global. Bagaimana kinerja birokrasi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang dalam melayani masyarakat dianggap baik atau tidak sangat ditentukan oleh banyak faktor. Tetapi melihat konfigurasi personal yang ada dan keadaan yang berkenaan dengan birokratisasi yang ada penulis dapat mengidentifikasikan adanya faktor sumber daya dan budaya organisasi. Sumber daya manusia yang kurang memadai serta struktur birokrasi yang ada diperkirakan akan berpengaruh terhadap kinerja pelayanan yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kualitas sumber daya manusia dan budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap responsivitas pelayanan publik di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Sampel diambil secara acsidetial sebanyak 25 orang.  . Analisis data dilakukan dengan analisis korelas ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Secara bersama-sama kualitas sumber daya manusia dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap responsivitas pelayanan publik di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Hal ini terbukti bahwa kualitas sumber daya manusia dan  budaya organisasi merupakan dua aspek penting dalam terwujudnya responsivitas kinerja organisasi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Dengan demikian maka, semakin berkualitas sumber daya manusia dan semakin positif budaya organisasi sebagai unsur pendorong keberhasilan, maka akan semakin baik juga responsivitas  pelayanan publik di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan perlu adanya pembenahan-pembenahan mengenai bidang tugas yang dilaksanakan pemerintah Sekretariat Daerah Kabupaten Deli Serdang, sehingga aparat betul-betul mengerti tentang tugas pokok dan fungsinya, sehingga dapat meningkatkan  daya tanggap terhadap kebutuhan-kebutuhan publik


Keywords


kualitas SDM, budaya organisasi, responsivitas,pelayanan publik.

Full Text:

PDF

References


Ancok, Jamaluddin. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Andi Offset. Yogyakarta.

Dwiyanto, Agus. 2002. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Pusat Studi Kependudukan. UGM. Yogyakarta.

_____________ 2003. Teladan dan Pantangan Dalam Penyelenggaraan Pemerintah dan Otonomi Daerah. Pusat Studi Kependudukan. UGM Yogyakarta.

_____________ 2003. Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Pusat Studi Kependudukan. UGM. Yogyakarta.

Bryson, John. 1995. Perencanaan Strategi Bagi Organisasi Sosial. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

David, Fred. R. 2004. Manajemen Strategi dan Konsep. PT Preharuindo. Jakarta.

Cordozo, Gomes. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusi, Andi Offset. Yogyakarta.

Etzioni, Amitai. 2002. Organisasi-Organisasi Modern. Penterjemah Suryatin. UI Press. Jakarta.

Gareth, John. R. 1991. Organization Theory and Cases. Addition Wesley Publ. Co. Texas Univ. Texas

Handoko, Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE UGM. Yogyakarta.

Husein, Umar. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Gramedia. Jakarta .

Hadi, Sutrisno. 1986. Metodologi Research. Yayasan Bad. Penerbit Fakultas Psikologi. UGM. Yogyakarta.

Kuntjaraningrat. 2002. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Mardiasmo. 2005. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Andi Offset. Yogyakarta.

Nawawi, Hadari. 2001. Perencanaan Sumber Daya Manusia Untuk Organisasi Profit Yang Kompetiti. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Osborne, David dan Peter Plastrik. 2000. Memangkas Birokrasi. PPM. Jakarta.

Priffer, Jeffrey dkk. 2002. Paradigma Baru Sumber Daya Manusia. Editor A Usmara. Amara Books. Yogyakarta.

Robbin, Stephen P. 1994. Teori Organisasi Struktur Desain dan Aplikasi. Alih Bahasa Yusuf Udaya. Arcan. Jakarta.

Ranghuti, Fredi. 2001. Riset Pemasaran. Gramedia. Jakarta.

Singarimbum, Masri dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta.

Simamora, Henri. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN, Yogyakarta.

Steers, Ricard. 2005. Efektifitas Organisasi. Erlangga. Jakarta.

Susilo, Martoyo. 2002. Beberapa Gagasan Pelaksanaan Pembinaan PM Berdasarkan Perpaduan Sistim Prestasi Kerja dan Sistim Karier. BPA Administrasi Negara. Yogyakarta.

Sugiono. 1998. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Sutarto, 2002. Dasar-dasar Organisasi . Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Thoha, Miftah. 2004. Aspek-Aspek Pokok Ilmu Administrasi, Suatu Bunga Rampai Bacaa. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Wiener, Paul L. 1986. Metode dan Analisis Penelitian. Erlangga. Jakarta.

Wijaya. 1996. Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Peraturan Perundang-Undangan

UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jap.v2i2.1372

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.