STRATEGI MARKETING UNTUK MENINGKATKAN OCCUPANCY DAN PENDAPATAN DI MADANI HOTEL MEDAN


Debi Masri(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing yang dilakukan oleh Manajemen Madani Hotel Medan untuk meningkatkan occupancy dan pendapatan di Madani Hotel Medan. Bagaimana strategi marketing yang dilakukan oleh tim marketing dan apa saja yang menjadi keunggulan dan kelemahan Madani Hotel dalam memperoleh konsumen, baik tamu yang menginap di hotel maupun para pengguna ruang-ruang pertemuan.Berdasarkan dari hasil penelitian ini, team marketing Madani Hotel mempunyai program marketing seperti : Sales Call, menetapkan rate hotel, mencetak brosur harga baru, promosi di media cetak, menyelenggarakan paket-paket promosi, melakukan sales trip, mengadakan talk show di radio, mengadakan travel dan company gathering, mengirimkan kue ulang tahun dan cendera mata, mengadakan afternoon tea dengan para relasi, telemarketing ke relasi potensial, menghadiri MATTA FAIR di Malaysia,


Keywords


marketing; strategi marketing; peningkatan ocupancy dan pendapatan

Full Text:

PDF

References


Agus Sulastiyono, Manajemen Penyelenggaraan Hotel, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2006

Adi Sunarno, Front Office Mangement, Penerbit Andi , Yogyakarta, 2006

Alex S. Nitisemito, Marketing, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta, 2001

Anbrey Wilson, Manajemen Pemasaran Jasa, Terjemahan Andres, Penerbit LPPM, Jakarta, 2000

Basu Swastha DFH, Azas-Azas Marketing, Penerbit Liberty, Yogyakarta, Dedy Mulyana, MA, Phd, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Remaja David W. Cravens, Alih Bahasa Lina Salim MBA, Pemasaran Strategis, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1996.

H. Frazier Moore, Phd, Humas ; Membangun Citra dengan Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005

Gregorius Chandra, Strategi dan Program Pemasaran, Penerbit Andi Yogyakarta, 2005

Marwan Asri, Pemasaran, Penerbit FE Universitas Indonesia, Jakarta, 2001

Siswanto Sutojo, Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran, LPPM, Jakarta, Ridwan HR, Hukum Administrasi Negara, Rajawali Pers, Jakarta, 2006

Sandra Oliver, Strategi Public Relation, Alih Bahasa Sigit Purwanto, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2007

Sutrisno Hadi. Metodologi Riset, Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta, 2001

Nurudin, Komunikasi Propaganda, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001.

Philipus M.Hadjon, Pengantar Hukum Administrasi Indonesia, Gajah Mada University Pers, 2001




DOI: https://doi.org/10.31289/jap.v1i1.926

Article Metrics

Abstract view : 281 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Program Pascasarjana Magister Administrasi Publik, Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License