ANALISIS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP ADMINISTRASI PENERBITAN AKTA KELAHIRAN

RONALD SAKTI MUDA PERLAUNGAN SIRAIT(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejalan dengan perkembangan zaman menuju globalisasi dan telah dirancangkannya otonomi daerah agar terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur baik dalam Pendapatan, Pendidikan, Pekerjaan maupun pelayanan kepada masyarakat, harus didukung pelayanan kepada masyarakat dimana kehendak seluruh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang baik harus diwujudkan dengan tindakan (action) dari instansi dalam tata pemerintahan yang baik (good goverment).Sama halnya dengan instansi publik lainnya di Indonesia, pelayanan publik oleh aparatur pemerintahan pada Dinas Kependudukan Kota Medan tentunya masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas seperti yang diharapkan oleh masyarakat kota Medan yang berurusan dengan instansi tersebut, khususnya dalam hal urusan penerbitan akta kelahiran.


Keywords


Pelayanan Publik; Administrasi Penerbitan Akta Kelahiran.

Full Text:

PDF

References


Dunn William N, 1998, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, edisi kedua diterjemahkan oleh Drs. Samudra Wibawa, MA, Dra. Diah Asitadani, MA, Drs. Agus Hermanto Hadna MS, Drs. Erwan Agus Purwanto MS, disunting oleh Dr. Muhadjir Darwin MPA, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Nugroho D. Riant, 2004, Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, penerbit PT. Elex Media Komputindo kelompok Gramedia, Jakarta.

Thoha Miftah, 2002, Dimensi-dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara, edisi pertama, penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Siagian P. Sondang, 1994, Patologi Birokrasi, Analisis, Identifikasi dan Terapinya, edisi pertama, penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Waworuntu BOB, 1997, Dasar-dasar Keterampilan Abdi Negara Melayani Masyarakat, edisi pertama, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Nawawi Hadari H., 2003, Metode Penelitian Bidang Sosial, edisi kesepuluh, penerbit Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Riduwan. 2004, Metode & Tehnik Menyusun Tesis, edisi pertama, penerbit Alfabeta Bandung.

Gomes Cardoso Faustino., 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi kedua, penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptoherijanto Prijono., 2004, Kependudukan Birokrasi dan Reformasi Ekonomi, Pemikiran dan Gagasan Masa Depan Pembangunan, edisi pertama, penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Wursanto IG, 2003, Dasar-dasar Ilmu Organisasi, edisi pertama, penerbit Andi Yogyakarta.

Simamora Henry, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi ketiga, penerbit STIE YKPN, Yogyakarta.

Silalahi Ulbert, 2003, Study Tentang Ilmu Administrasi, Konsep, Teori dan Dimensi, edisi kelima, penerbit Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Indarwanto. 2001, Teori Administrasi Publik dan Birokrasi (Perspektif Transendental), edisi ketiga, penerbit Taroda, Malang.

Moenir H.A.S., 2002, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, edisi pertama, penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Suparmoko M., 1987, Metode Penelitian Praktis (untuk Ilmu-ilmu Sosial dan Ekonomi), edisi kedua, BPFE, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jap.v1i2.943

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.