ANALISIS PROFESIONALISME GURU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG RI NO. 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN

SAADAH LUBIS(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Meningkatkan mutu pendidikan di setiap satuan pendidikan. Beberapa pun besarnya investasi yang ditanamkan untuk memperbaiki mutu pendidikan, tanpa kehadiran guru dan dosen yang kompeten, profesional, bermatabat dan sejahtera dapat dipastikan tidak akan mencapai tujuan yang diharapkan (UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen). Kondisi yang kemudian memicu terbitnya Undang-Undang Guru dan Dosen untuk mensejahterakan dan memproteksi kehidupan guru. Upaya-upaya proteksi untuk memayungi profesi guru, dan pada gilirannya kelak akan memuliakan hidup manusia.Profesionalisme guru dan tenaga kependidikan masih belum memadai dalam bidang keilmuannya. Memang jumlah tenaga pendidik secara kuantatif sudah cukup layak, tapi mutu dan profesionalisme belum sesuai harapan.


Keywords


profesionalisme guru; UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Full Text:

PDF

References


A. Kuntoro S. 1999. Manajemen Pengajaran secara Manusiawi, Jakarta : Rineka Cipta

Akadum. 1999 : 1-2. Potret Guru Memasuki Millenium Ketiga. Suara Pembaharuan.

(http://www.suarapembaharuan.com/News/1999)

Arifin, I. 2000:15. Profesionalisme Guru. Analisis Wacana Reformasi Pendidikan

dalam era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan. Malang

Aris Pongtuluran. 1998. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Azzra, Azyumardi. 2004. Birokrasi, Fobi Sekolah, dan Citra Guru. Dalam Horison Esai Indonesia Kitab 2 Taufiq Ismail (editor), Jakarta: Horison dan Ford Foundation

Bruce, J. 1990. Model of Teaching. New Jersey : Prentice/Hall International,Inc

Coleman, M. 2000. Leadership Strategic Management in Education. London. Terjemahan Fahrurozi : “ Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan 2006. Jogjakarta. IRCISOD

De Porter, Bobbi.dkk. 2001. Quantum Teaching, Bandung: Kaifa Pendidikan,

Dahrin, D. 2000 : 24. Memperbaiki Kinerja Pendidikan Nasional Secara Komperenship : Transformasi Pendidikan. Komunitas, Forum Rektor Indonesia Vol1

Degeng, N.S. 1999 : 2-9. Paradigma Baru Pendidikan Memasuki Era Desentralisasi dan Demokrasi Jurnal Edisi 6 Tahun III 1999/2000

Direktorat dan Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Panduan Pelaksanaan Sertifikasi Guru

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta

EC.W(ed). 1994. Clasroom Teaching Skill. New York : Nicholas Publishing Company.

Galberth, J. 1999 : 14-22. Preparing the 21st Century Worker. The Link Between Computer-Based Technology and Future Skill Sets. Educational Technology Nopember-Desember 1999

Hunt, Gilbert H. 1999. Effective Teaching, Preparation and Implementation. Charles Publisher

Ikhanuddin S. 2002. Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru. Jakarta : PT Grasindo

Instruction Material Laboratory. 1996. Teacher Tactics. The Ohio State University

Isjoni. 2005. Guru Masa Depan. www.pendidikan.net

Kholis, N. 2004. Kiat Sukses Jadi Praktisi Pendidikan. Jogjakarta. PALEM

Ki Supriyoko. 16 Juli 2002. Pendidikan Tanpa Guru Bermutu, dalam harian Kompas

Madjid, Nurcholis.2001. Pengantar Langkah Strategis Mempersiapkan SDM Berkualitas, dalam Pengantar Menuju Masyarakat Belajar - Indradjati Sidi, Jakarta: Paramadina dan LOGOS.

Maister, DH. 1997 : 405. True Proffesionalism. New York : The Free Press

Makagiansar, M. 1996. Shift in Global Paradigma and The Teacher of Tomorrow, 17th. Conversation of the Asean Coucil of Teachers (ACT) : Republic of Singapore

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana, S. 1998. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru

NK. R. 1990. Strategi Melajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta

Nasanius, Y. 1998 : 2. Kemerosotan Pendidikan Kita: Guru dan Siswa yang Berperan Besar, bukan Kurikulum. http://www.suarapembaharuan.com/News/1999)

Nasution, S. 2004. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta : PT. Bumi Aksara

Nurdin,S. 2005:32. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Ciputat: Quantum Teaching

Nurkholis.2005.Pendidikan Sebagai Investasi Jangka Panjang.www.depdiknas.go.i

Pantiwati, Y. 2001: 1-12. Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Program Sertifikasi Guru. Malang: PSSJ PPS

Prihartono, Agung dkk. Paulo Freire, Politik Pendidikan Kebudayaan

Ramly, N. 2005. Membangun Pendidikan yang Memberdayakan dan Mencerahkan. Jakarta : Grafindo

Rosyada, D. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta : Prenada Media

Scheerens, J. 1992. Efective Schooling. London : Cassel Research Theory and Practice

Semiawan, C.R. 1991. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad 21. Jakarta : Grasindo

Sidi, Indradjati. 2001, Citra Baru Guru di Era Reformasi dalam Buku Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta: Paramadina - LOGOS

Sobry, S. 2004. Menuju Pendidikan Bermutu. Mataram : NTP PRESS

Sumargi. 1996 : 9. Profesi Guru antara Harapan dan Kenyataan. Suara Guru. Jakarta : Depdikbud

Supriadi, D. 1998 : 26. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Jakarta : Depdikbud

Sutikno, M. 2006. Pendidikan Sekarang dan Masa Depan. Mataram : NTP PRESS

Surahmad, Winarno, 1986. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito

Surya, H.M. 1998:15-17. Peningkatan Profesionalisme Guru Menghadapi Pendidikan Abad 21: Organisai & Profesi. Suara Guru No. 7/1998

Suyanto. 2001 Membangun Sekolah yang Efektif. Dalam Kompas 26 Januari 2001. Jakarta

Subandijah. 1993. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Pendidikan Nasional

Tilaar, H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21. Magelang : Indonesia Tera

Tilaar, H.A.R. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta : Grasindo

Trilling, B and Hood, P. 1999: 5-18. Learning, Technology, and Education Reform in the Knowledge Age. Educational Technology.

Wanto,2005:64-65. Mahmud Guru yang Pemulung, Surabaya; Tabloid Nyata IV Desember

Yati, O. 2006. Smart at Work (Bersikap Tepat di saat yang tepat). Yogyakarta : Bahana

-----------,2002. Penyelenggaraan School Reform dalam Konteks MPMBS di SMU, Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan Ditjen Dikdasmen - Dik menum.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jap.v2i1.948

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.