Pisang di Kota Langsa merupakan salah satu komoditi buah unggulan dimana pisang adalah buah dengan produksi terbesar. informasi preferensi konsumen terhadap buah-buahan unggulan di Kota Langsa akan membuat produsen memproduksi buah-buahan dengan kualitas yang sesuai dengan keinginan konsumen, sehingga produksi dapat terserap kepasar dan dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian daerah. Penelitian ini dilakukan di Pusat Pasar Kota Langsa dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden yang diambil melalui metode accendental sampling. Metode analisis yang dilakukan adalah dengan metode analisis factor untuk melihat preferensi konsumen buah pisang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima aspek yang terbentuk, dimana aspek buah menjadi aspek dengan nilai keragaman terbesar dan variabel ketersediaan buah pisang lokal dipasar menjadi variabel pertimbangan konsumen terbesar dikarenakan tedapat pasar khusus yang menjual buah pisang di Kota Langsa.
Bahria. (2010). Faktor-Faktor Yang Terkait Dengan Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Remaja Di 4 SMA Di Jakarta Barat. Jurnal kesehatan masyarakat, 4(2), 63–71.
BPS. (2018). Statistik tanaman buahâ€buahan dan sayuran tahunan indonesia 2018.pdf. Jakarta: badan pusat statistik indonesia.
BPS. (2020). Impor buah-buahan menurut negara asal utama 2016-2019. Retrieved from https://www.bps.go.id/statictable/2019/02/14/2010/impor-buah-buahan-menurut-negara-asal-utama-2010-2019.html
BPS Langsa. (2020). Kota langsa dalam angka.
Hasanawi, h., & kesumawati, n. (2015). Studi Persepsi Konsumen Terhadap Pemasaran Sale Pisang Dalam Kemasan. Jurnal agroqua, 13(2), 34–45.
Mahmudah, n. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa STEI SEBI Jurusan Akuntansi Syariah Terhadap Profesi Akuntan Publik. Jurnal akuntansi dan keuangan islam, 2(1), 83–100. Https://doi.org/10.35836/jakis.v2i1.54
Permadi, r., & winarti, l. (2015). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Buah Pisang Kepok (Studi Kasus Konsumen Di Tiga Kota Kuala Pembuang, Sampit, Dan Palangkaraya). Media sains, 8(2), 218–223.
Pradana, a. K., slamet, a. S., & andrianto, m. S. (2018). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Pengambilan Keputusan Pembelian Pepaya Calina, 9(2). Https://doi.org/10.32832/jm-uika.v9i2.1562
Rachman, b. N., mustika, i. G., & kusumawati, i. G. A. W. (2017). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Konsumsi Buah Dan Sayur Siswa Smp Di Denpasar. Jurnal gizi indonesia, 6(1).
Rahayu, j. N., fauziyah, e., & ariyani, a. H. (2012). Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor Di Toko Buah Hokky Dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Jurnal agriekonomika, 1(april), 52–67.
Rizkyana, o., nugroho, f. A., & anggraeny, o. (2017). Asupan Sayur Dan Buah Dengan Variasi Warnanya Pada Siswa Sd Insan Permata Malang. Indonesian journal of human nutrition, 4(1), 12–22.
Rochaeni, s. (2013). Analisis Persepsi,
Kesadaran, Dan Preferensi Konsumen Terhadap Buah Lokal. Jurnal agribisnis, 7(1).
Simbolon, n. S., zargustin, d., & nizar, r. (2018). Hubungan Persepsi Konsumen Dengan Perilaku Mengkonsumsi Buah Lokal Di Pasar Tradisional Arengka Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal agribisnis, 20(1), 75–85.
Sumarwan, u., & palupi, e. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Buah-Buahan Lokal Dan Organik Serta Implikasinya Terhadap Pendidikan Konsumen Cinta Produk Nasional. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 157–168.
Sungkawa, I., Dwi, P., & Eva, F. (2015). . Hubungan Antara Persepsi dan Preferensi Konsumen Dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Buah Lokal (Studi kasus di Pasar Harjamukti, Pasar Pagi, dan Pasar Kanoman Kota Cirebon). Jurnal Agrijati, 28(1), 79–99.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The UMA Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research.