Pengaruh Bimbingan Kelompok dan Self-Efficacy terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa

Muzdalifah Muzdalifah, Nur'aini Nur'aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh bimbingan kelompok (BKP) terhadap keterampilan sosial siswa. Mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap keterampilan sosial siswa. Mengetahui interaksi antara BKP dan self-efficacyterhadap keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Tiram sebanyak 43 orang yang terdiri dari dua kelompok kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan BKP Modeling dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan BKP Homeroom. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner yang dinyatakan valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Ada pengaruh bimbingan kelompok (BKP) terhadap keterampilan sosial siswa SMP Negeri 2 Tanjung Tiram. Ada perbedaan antara BKP Modeling dengan BKP Homeroom dalam mempengaruhi keterampilan sosial siswa. Tidak ada perbedaan antara self-eficacy rendah dan self-eficacy tinggi dalam mempengaruhi keterampilan sosial siswa.  BKP Modeling sangat baik digunakan dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa.


Keywords


Bimbingan Kelompok Modeling, self-efficacy, dan ketrampillan sosial

Full Text:

PDF

References


Atieka, N. (2015). Self Efficacy Remaja Panti Asuhan dan Peningkatannya Melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok. Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling.Volume 5 No 2 Desember 2015. ISSN 2088-9623

Atmaja, J.R. (2016). Tahapan dalam Bimbingan Konseling kelompok. http://jati-rinakriatmaja.blogspot.co.id/ 2014/10/tahapan-dalam-bimbingan-dan-konseling.html (Diakses Maret 2017)

Khan. (2013). Academic Self-Efficacy, Coping, and Academic Performance in College. International Journal of Undergraduate Research and Creative Activities

Komalasari, G. (2011). Teori dan Teknik Konseling, Jakarta : PT. Indeks.

Latipun. (2006). Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Nurkhomisah. (2015). Makalah Konseling Behavioral.https://nurukomisa. wordpress.com/2015/07/02/makalah-konseling-behavioral/ (diakses Maret 2017)

Prayitno. (1995). Layanan bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Santoso. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatf dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wibowo, M. E. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press

Widaryati, S. (2013). Efektivitas Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Efikasi Diri Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling 2013, Vol. 2, No. 2 ISSN : 2301-6167

Yunianti, E., Jaeng, M., Mustamin, (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 1 Parigi. e-Jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 1, Januari 2016 hlm 8-19 ISSN: 2302-2027


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License