HUBUNGAN IKLIM ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI DENGAN MOTIVASI KERJA STAF PENGAJAR YAYASAN PERGURUAN SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN


Finche Finche(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan iklim prganisasi dan komitmen terhadap organisasi dengan motivasi kerja staf pengajar/guru di Yayasan Sultan Iskandar Muda. Staf pengajar/guru yang terdiri dari unit kerja mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Penelitian ini merupakan penelitina lapangan non eksperimental. Alat pengumpul data yang digunakan berupa kuesioner untuk mengukur iklim organisasi yang dibuat berdasarkan unsur – unsur iklim organisasi yang dikemukakan Denison yang terdiri dari 7 (tujuh) unsur yaitu organisasi kerja, arus komunikasi, penekanan pada orang, pembuatan keputusan, pengaruh dan pengawasan, kelancaran administrasi dan koordinasi, ditambah dengan 2 (dua) unsur yang dianggap penting yaitu tantangan dan tanggungjawab serta imbalan dan sanksi, sehingga menjadi 9 (sembilan) unsur. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik regresi berganda dengan bantuan program SPSS 15.0. Hasil yang dieproleh menunjukkan bahwa secara bersama – sama ada hubungan positif dan signifikan antara iklim organisasi dan komitmen organisasi dengan motivasi kerja staf pengajar/guru di Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda. Penelitian juga mendapatkan sumbangan efektif dari masing – masing variabel (baik itu motivasi kerja, iklim organisasi maupun komitmen organisasi) didapat bahwa sebagian besar staf pengajar/guru di Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Mudan berada pada posisi sedang (68,6 s/d 74,4 %) sedangkan sisanya berada dalam kategori rendah dan tinggi

Keywords


iklim organisasi; komitmen organisasi; motivasi kerja.

Full Text:

PDF

References


Aditama, T.Y. 2003 Mutu PElayanan di Rumah Sakit. Jurnal PERSI. 3 (03), 9-13

Aditama, T.Y. 2004. Kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen & Administrasi Rumah Sakit Indonesia. V (1), 3-5

Creswell, J.C. 1998. Educational Research : Planing, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey : Pearson Education, Inc

Cummings, Thomas, G. & Worley, Cristopher G. (2005). Organizational Development and Change 8 th edition. Thomson. Sounth-Western.

Denzi, N.K, & Yvonna, S.L.m 2000. Hand Book Qualitative Research 2nd ed. California : Sage Publications, Inc

Gardner, 2001. Gangguan Emosi Pada Pelayanan Medis. Terjemah : Annals of Internal Meciene.

Gardfield, S.R. 1996. Values in life Role Choises and Outcomes : A Conceptual Model. The Career Development Quaratelly, 44, 211-224

Kotter, J.P. & Heskett, J.E. 1992. Corporate Culture and Performance. New York : the Free Press a Division of Mac Millan inc.

Kotler, J.P, 1994. Marketing Essentials. New Jersey : Prentice Hall.

Kustono, 2001. The World's Best Management Practices. Jakarta. Pt. gramedia Pustaka Utama

Marvin, H. 1992. Theories of Culture in Postodernisme Time. New York : Altamira Press

McKinsey. & Company. 2007. The McKinsey Quartely. Visitor Edition

Mulyana, D. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Pt. Remaja Rosdakarya

Moeljono, D. 2005. Cultured ! Budaya Organisasi Dalam Tantangan, Jakarta : Pt. Elex Media Komputindo

Moustakas, Calrk. 1994. Phenomeno logical Research Methods. London : Sage Publications

Nanus, Burn. 2001. Visionary Leadership : creating a compelling sense of directing For you organization. Jossey-Bas Inc.

Noeng, M. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta L Rake Sarasin

Pascale, R.T. & Athos, A.G. 2005. Seni dan Praktek Manajemen Jepang (Terjemahan). Jakarta : LPPM

Robbins, Stephen, P. 2003 Organizational Behavior, tenth Edition. New Jersey Prentice Hall

Ruky, A.S. 2006. SDM Berkualitas, Mengubah Visi Menjadi Realitas. Jakarta. gramedia.

Siegel Christine. 2005. Anethnographic inquiry of cooperative learning implementation. Journal of school Psychology. 43 (2,) 219-239.

Subanegara, HP. 2003. Hospital Building Stategi Dalam Service Exellent. Jurnal Manajemen & Administrasi Rumah Sakit Indonesia. IV (1), 5-12

Solomo, MR. 2002 Consumer Behavior Buying, Having and Being. (5th. Ed.) New Jersey : Prentice-Hall, Inc. 113-121.

Susskind, A.M., Kacmar, K.M. & Borchgrevink, C.P. 2003. Customer Service Providers' Attitudes Relating to Costumer Service adn Costumer Satification in the Costumer-Server Exchange. Journal of Applied Psychology. 88 (1), 179-187

Taylor, S.E. 1995. Health Psychology. Singapura : McGraw-Hill.Inc

Tregoe, B.B., Zimmerman, J.W., Smith, E.A., 2001. Vison In Acton. New York : Simon & Schuster




DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v1i1.690

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Pascasarjana Magister Psikologi, Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License