Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Di SMK Swasta PAB 12 Saentis


Yuni Sarjani Rambe(1*),


(1) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dan dukungan sosial dengan kecemasan siswa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK PAB 12 Saentis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 226 siswa-siswi kelas XII SMK PAB 12 Saentis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel sebanyak 70 orang siswa yang mengalami kecemasan. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) skala yaitu skala kecemasan siswa, skala self efficacy dan skala dukungan sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) Terdapat  hubungan  negatif   antara self efficacy  dengan kecemasan siswa dimana  rx1y = -0,258 dan p < 0,05 (2) Terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial dengan kecemasan siswa dimana rx2y = -0,534 dan p < 0,05 (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dan dukungan sosial secara bersama-sama dengan kecemasan siswa diperoleh koefisien Freg = 20,648 dimana p < 0,05. Sumbangan efektif self efficacy dan dukungan sosial  dengan kecemasan siswa 38,1%.

Keywords


Self Efficacy, dukungan sosial dan kecemasan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bandura, Albert. (1997). Self Efficacy. The Exercise of a Control. New York: W. H Freeman and Company

Baron, R.A., Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial / Edisi Kesepuluh / Jilid 1 Terjemahan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia : PT Gelora Aksara Pratama

JawaPos. (2017). Ribuan Siswa Numpang Ujian Seluruh Unas 2017 Berbasis Komputer. http://www.jawaposonline.com. Diakses pada tanggal 10 Januari 2017

Nevid, J.S., Rathus, S.A., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal Edisi Kelima Jilid 1. Terjemahan: Tim Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Novita, E., Aziz, A., Hardjo, S. (2015). Hubungan Dukungan Sosial dengan Psychological Well Being pada Remaja Korban Sexual Abuse di Kabupaten Langkat. Jurnal Psikologi Konseling. Vol.7 No.1, Desember 2015

Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor: 0043/P/BSNP/I/2017. (2017). Tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017

Puspitasari, Y.P., Zaenal, A., Dian, R.S. (2010). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kecemasan Menjelang Ujian Nasional (UN) pada Siswa Kelas XII Reguler SMA Negeri 1 Surakarta. Jurnal Penelitian Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Mei 2010.

Rahayu, R.D. (2013) Hubungan Kepercayaan Diri dan Dukungan Sosial dengan Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Ujian. Naskah Publikasi Program Pascasarjana Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suryatama, M.D., Dharmayana, I.W., Syahriman. (2014). Hubungan Self Efficacy dan Self Regulated Learning dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa Kelas XII SMA Negeri I Ketahun. Thesis Penelitian Universitas Bengkulu.

Thoomaszen, Friandry, W., Murtini. (2013). Manajemen Stres untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Vol. 11-2, 79-92. ISSN : 1693-7236.

Wulandari, D. (2015). Hubungan antara Self Efficacy dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Skripsi pada Mahasiswa Psikologi Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Naskah Skripsi Penelitian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru




DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v9i1.740

Article Metrics

Abstract view : 335 times
PDF - 257 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Pascasarjana Magister Psikologi, Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License