HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR

Arbani Batubara(1*),


(1) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kebiasaan belajar dan motivasi belajar dengan aktivitas belajar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah para mahasiswa – mahasiswi yang tengah menjalani pendidikan di Politekkes Tuntungan Medan. Metode analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi Dua Prediktor menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kebiasaan belajar dan motivasi belajar dengan aktifitas belajar (Freg = 9,701 dimana p ˂ 0,0100. Diketahui pula bahwa total sumbangan kedua variabel bebas terhada variabel terikat adalah sebesar 33,3 % yang berarti masih terdapat 66,7 % pengaruh dari variabel lain terhadap aktivitas belajar namun tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


kebiasaan belaajr; motivasi belajar; aktivitas belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Elliot, S.H., Kratochwill, T.R., Littlefield, J.F. & Travers, J. F. 1996. Educational Psychology. Madison: Brown & Brenchmark.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. 2006. Teori Motivasi Dan Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.

IKIP Padang. 1999. Buku Pedoman IKIP Padang. Padang: IKIP Padang.

Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan. Malang: UM Press.

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Bnadung: Bumi Aksara.

Prayitno, dkk. 1997. AUM PTSDL Format I: Mahasiswa. Jakarta: Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v3i2.745

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License