HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEBIASAAN BELAJAR


Zulkarnain Lubis(1*), Feranika Malau(2),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan iklim sekolah dan motivasi berprestasi dengan kebiasaan belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah 175 orang siswa/i SMA Methodist I kelas IX dan X tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim sekolah dan motivasi berprestasi dengan kebiasaan belajar (Freg = 4,709 dimana p ˂ 0,050). Selain itu, diketahui pula bahwa iklim sekolah dan motivasi berprestasi yang dimiliki siswa Methodist 1 Medan ini dapat membantu terjadinya peningkatan kebiasaan belajar ke arah yang lebih baik. Hal ini diketahui dengan melihat kontribusi iklim sekolah dan motivasi berprestasi memberikan sumbangan sebesar 40,3 % terhadap kebiasaan belajar. Dari hasil ini juga diketahui bahwa masih ada 59,7 % faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kebiasaan belajar pada siswa di SMA Methodist 1 Medan.


Keywords


iklim sekolah; motivasi berprestasi; kebiasaan belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. metodologi Penelitian. Jakarta. PT. Rineka Ci

Aswar, S. 1992. Sikap Manusia dan Pengukurannya. Yogyakarta : Liberty.

_________. 1997 Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta : Liberty.

Gie, L,T. 1988. Psikologi Pendidikan Bandung : Tarsito

--------------. 1992 Pendidikan Sains Bagi Pembangunan Nasional Indonesia. Seri Studi Ilmu dan Teknologi SSIT-6. Yogyakarta : Yayasan Studi Ilmu dan Teknologi.

--------------. 1995. Cara Belajar Yang Efisien. Jilid II Edisi ke 4. Yogyakarta : Liberty Jogjakarta.

--------------. 2000. Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa. Edisi ke 2. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

-------------. 2002. Cara Belajar Yang Efisien. Jilid I Edisi Ke 5. Yogyakarta : PUBID (Pusat Belajar Ilmu Berguna).

Hadi,S. 1993. Teknik Pnyusunan Skala Ukur. Yogyakarta : Pusat Penelitian Kependudukan UGM.

Linawati, N. D. 2009. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Iklim Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMK Negeri 5 Semarang : Fakultas Teknik Jurusan Teknik Jurusan Teknik Sipil.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : P.T. Raja Grafindio persada.

Sekaran, U. 2000. Research Methods for Busness : A Skill Building Approacch. New York : John Wily & Sons. Inc.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v3i2.747

Article Metrics

Abstract view : 254 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Pascasarjana Magister Psikologi, Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License