HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN MOTIVASI MENYELESAIKAN STUDI PADA MAHASISWA PASCASARJANA YANG TELAH MENIKAH

Azhar Aziz(1*), Monika Nina K. Ginting(2),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dan lingkungan belajar dengan motivasi menyelesaikan studi pada mahasiswa pascasarjana yang telah menikah. Subyek penelitian adalah mahasiswa pascasarjana Universitas Medna Area yang berjumlah 60 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang didapat dari skala menunjukkan bahwa variabel lingkungan belajar, manajemen waktu, dan motivasi menyelesaikan studi tergolong kurang baik. Selain itu diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara lingkungan belajar dan manajemen waktu dengan moticasi menyelesaikan studi (R = 0,839). Selanjutnya, bobot sumbangan dari variabel lingkungan belajar dan variabel manajemen waktu dengan variabel motivasi menyelesaikan studi adalah sebesar 70,4 %. Berarti masih terdapat 29,6 % pengaruh dari variabel lain terhadap motivasi menyelesaikan studi, dimana faktor-faktor lain tersebut dalam penelitian ini tidak dikaji.

Keywords


lingkungan belajar; manajemen waktu; motivasi menyelesaikan studi

Full Text:

PDF

References


Adikia, 2009. Hubungan Antara Mananjemen Waktu dan Dukungan Sosial Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Yang Telah Menikah. Skripsi.

Ahmadi, Abu. 2007.Psikologi Sosial. Jakarta:Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono.2004.Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media Group.

Chaplin, C.P.2001. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo.

Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Hurlock, E.B.1994. Develompmental Psychology: A Life-Span approach. New Delhi: Tata McGraw-Hill Publishing Company Ltd.

Nilawati. Levi. 2010. Pengaruh Motivasi pada Kinerja Belajar. Jurnal Mananjemen Bisnis Vol. 3 No. 3. Jakarta

Purwanto, M. Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara.

Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta

Junral Analitika, Vol. III Nomor 2, Desember 2011.

Timpe, D. 1991. Mengelola Waktu: Seni Ilmu dan Seni Mananjemen. Jakarta: PT Gramedia.

Winardi, J. 2001. Motivasi dan Pemotivasian dalam Mananjemen. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Zainuddin, M dan Muhammad Walid. 2009. Pedoman Penulisan Skripsi. Malang: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v3i2.749

Article Metrics

Abstract view : 301 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License