HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Cut Metia(1*), Fenty Zahara(2),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dukungan sosial orantua dan motivasibelajar dengan kemandirian belajar. Subyek penelitian ini adalah para siswa di SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 72 orang. Berdasarkan analisis dengan Teknik Korelasi Product Moment, diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar (rxly = 0,459 > rtabel = 0,227 atau p < 0,010); terdapat hubungan yang sangat signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar (rx2y = 0,463 > rtabel = 0,227 atau p < 0,010); total sumbangankedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 42,5 % yang berarti masih terdapat 57,5 % pengaruh dari variabel lain terhadap kemandirian belajar.

Keywords


dukungan sosial orangtua; motivasi belajar; kemandirian belajar

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. 1997 . Self efficacy of Bandura. http://www/class.ufl.education. ufl.education. Diakses Tanggal 6 September 2007

Bandura. 1997. Self efficacy the Exercise of control. USA:McGraw Hill Book Company.

Bandura, 1997. Sosial Learning Theory. Engglewood cliffs, N.J : Prentice Hall Publishing.

Baron, B. 1997 . Social Psychology. USA: McGraw Hill Book Companies Inc.

Depdiknas . 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. jakarta: Depdiknas.

Ghufron, M.N dan Risnawati, R.S 2010. Teori- teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hadi , S. 1991. Metodologi Reseach. Jilid III. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hadjar, Ibnu. 1999. Dasar Metodologi penelitian Kuantatif dalam Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Moenir, AS. 1997 . Pendekatan Manusia dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta. Rineka Cipta.

Myers, D.G 2000 Social Psychology. Fifth Edition. Boston: McGraw Hill.

Neuman, W.L. 2000. . Boston : Allyn and Bacon Patton, P. 1998. Emotional intelligence di Tempat Kerja. Terjemahan. Jakarta: Pustaka Delaprasata

Peterson, K.D &Deal, T.E. 1998. How Leaders influence The Culture Of Schools. Educational Leadership. 56( 1) , 28-30

Poerwandari, F.K. 1999. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Edisi Ketiga. Jakarta :LPSP3

Sardiman N. 2001. Ilmu Pendidikan. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Schultz, Duane. 1991.Psikologi Pertumbuhan: Model-model Kepribadian Sehat. Jakarta : kanisius.

Schunk, D.H. 1991. Cultivating Competence Self Efficacy, And Intrisic Interest trough Proximal self-Motivation.Journal of personality and social Psycology.

Shochib, 2000. Pola Asuh Orangtua ; Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiono. 2002. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung ; Alfabeto

Syahrida, R 2008. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Pola Pengasuhan Demokratis Pada Ibu Yang Bekerja Sebagai Guru Di Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Taylor, E.S., et all.. 2000. Social Psychology. Ten Edition. Englewood cliff:printice Hall.

Watson. 2000. Development Psychology. Third Edition. USA: McGraw Hill.

woofolk. 1990. Educational Psychologi. Boston: McGraw Hill Comp.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v4i1.756

Article Metrics

Abstract view : 558 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License