HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR

Nurmaida Irawani Siregar(1*), Sri Ernawati(2),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Peneliti mengangkat permasalahan motivasi belajar guru pendidikan agama Buddha yang peneliti anggap masih rendah sehingga permasalahannya yaitu apakah ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kecerdasan emosi dengan motivasi belajar pada guru-guru pendidikan agama Buddha di kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dan kecerdasan emosi dengan motivasi belajar (koefisien Freg = 128.672 dimana p < 0,05). Bobot sumbangan dari variabel konseo diri dan kecerdasan emosi terhadap variabel motivasi belajar adalah sebesar 81,9 %.

Keywords


konsep diri; kecerdasan emosi; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Annurrahman.2010.Belajar dan pembelajaran.Bandung : Penerbit Alfabeta

Calhoun. F & Acocella,Joan Ross. 1990.Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (edisi ketiga).Semarang :IKIP Semarang Press.

Goleman,Daniel.2005.Emotional Intelegent.Terjemahan :T.Hermaya.Jakarta:PT.Gramedia Utama.

Hadi,S.dan Pamardiningsih. 2000.Manual SPS (Seri Program Statistik).Yogyakarta:Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Iskandar.2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jakarta :Gaung Persada (GP) Press.

Prayitno,Dwi. 2010.Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS.Yogyakarta: Media Kom

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran.Jakarta:Gaung Persada (GP) Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v4i1.762

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License