EFEKTIVITAS TERAPI REALITAS UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA UNDERACHIEVER

Suri Mutia Siregar(1*), Wiwik Sulistyaningsih(2),


(1) Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas intervensi terapi realitas untuk meningkatkan self-regulated learning pada mahasiswa underachiever. Subjek penelitian adalah sepuluh orang mahasiswa underachiever dari Universitas Sumatera Utara yang memiliki skor self-regulated learning rendah  (X<120). Desain penelitian ini adalah  pretest-posttest control-group design. Terapi realitas dalam penelitian ini dilakukan secara berkelompok selama lima hari. Modul terapi disusun berdasarkan langkah-langkah WDEP yang dikemukakan oleh Glasser dan Wubbolding (Corey, 1996). Alat ukur yang digunakan adalah skala self-regulated learning yang disusun berdasarkan teori yang relevan. Data yang diperoleh dari pretest dan posttest dianalisa dengan analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi realitas efektif meningkatkan self-regulated learning pada mahasiswa underachiever dan efek dari terapi realitas tetap bertahan hingga satu minggu setelah terapi diberikan. Terapi realitas memberikan hasil yang bervariasi diantara subyek dimana variasi hasil tersebut ditentukan oleh kemampuan subjek dalam membuat rencana perilaku pada tahapan planning and commitment.


Keywords


self-regulated learning, terapi realitas, mahasiswa underachiever

Full Text:

PDF

References


Cheng, E.C.K. (2011). The Role of Self-Regulated Learning in Enhancing Learning Performance. The International Journal of Research and Review. Vol. 6 (1) : 1-16.

Corey, Gerald. (2009). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi (terjemahan). Bandung : PT. Refika Aditama.

___________. (1996). Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy. 5th edition. USA : International Thomson Publishing Inc.

McCoach dan Siegle. (2003). Factors that Differentiate Underachieving Gifted Students from High Achieving Gifted Students. Journal Gifted Child Quarterly. Spring 2003 Vol. 47 No.2.

Purdie, N., Hattie, J., dan Douglas, G. (1996). Student Conception of Learning and Their Use of Self-Regulated Learning Strategies : A Cross Cultural Comparison. Journal of Educational Psychology. Vol. 88 : 87-100.

Orlich, dkk. (2013). Teaching Strategies : A Guide to Effective Instruction. 10th edition. Canada : Nelson Education, Ltd.

Schunk dan Zimmerman. (1998). Self-Regulated Learning : From Teaching to Self Reflective Practice. New York : The Guilford Press.

Zumbrunn, Taddlock, dan Roberts. (2011). Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom : A Review of the Literature. Disampaikan dalam Konsorsium Metropolitan Educational Research Virginia Commonwealth University.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v5i2.788

Article Metrics

Abstract view : 272 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License