PERBEDAAN KOMPETENSI KOMUNIKASI ANTARA REMAJA YANG MENGGUNAKAN DUA BAHASA (BILINGUAL) DAN SATU BAHASA (MONOLINGUAL)

Liza Marini(1*), Khairiah Mulia Rahma(2),


(1) Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Kompetensi komunikasi penting bagi penyesuaian diri remaja dan dipengaruhi oleh bagaimana para remaja menggunakan bahasanya dalam berkomunikasi sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kompetensi komunikasi antara remaja yang menggunakan dua bahasa (bilingual) dan satu bahasa (monolingual). Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan tujuan komparatif. Populasi penelitian adalah remaja awal di kota Medan.  Sampel penelitian adalah siswa SMP Krakatau sebagai remaja monolingual dan siswa SMP Shafiyyatul Amaliyyah sebagai remaja bilingual. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 160 orang, yaitu 80 orang siswa bilingual dan 80 orang siswa monolingual yang dipilih dengan menggunakan metode pengambilan sampel acak sederhana (simple random sampling). Alat ukur yang digunakan berupa skala kompetensi komunikasi yang disusun berdasarkan komponen kompetensi komunikasi yang dikemukakan Spitzberg dan Cupach (dalam Greene & Burleson, 2003; Payne, 2005), yaitu knowledge, motivation, dan skill. Hasil analisa data penelitian menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan kompetensi komunikasi antara remaja bilingual dan monolingual. Remaja monolingual memiliki kompetensi komunikasi yang lebih baik dari remaja bilingual, terutama pada komponen knowledge dan motivation. Sebagai bahan diskusi, penelitian ini dilakukan pada setting situasi masyarakat yang masih monolingual.


Keywords


kompetensi komunikasi, bilingual, monolingual, remaja

Full Text:

PDF

References


Arias, R. & Lakshmanan, U. (2005). Code Switching in a Spanish-English Bilingual Child: A Communication Resource. Journal of ISB4: Proceedings of the 4th International Symposium on Bilingualism, ed. James Cohen, Kara T. McAlister, Kellie Rolstad, and Jeff MacSwan, 94-109. Somerville, MA: Cascadilla Press.

Baker, C. (2001). Foundations of Bilingual Education and Bilingualism. Third Edition. Clevedon.Boston. Toronto. Sydney : Multilingualmatters Ltd.

Bialystok, E. (2003). Bilingualism in Development. New York: Cambridge University Press.

Caldas, S. J. (2006). Raising Bilingual-Biliterate Children in Monolingual Cultures. Clevedon.Buffalo. Toronto : MultilingualMatters Ltd.

Esch, E.H. & Riley, P. (2003). The Bilingual Family: A Handbook for Parents. New York: Cambridge University Press.

Hardjo, S., Chairiah Y., (2012), Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Persepsi Pengembangan Karir dengan Kepuasan Kerja, Analitika: 4 (1): 1-9

Harimurti, E., Emmy M., (2014), Pengaruh Kesiapan Berubah, Komitmen terhadap Organisasi dan Komunikasi tentang Perubahan Organisasi terhadap Penerapan Performance Management System, Analitika: 6 (1): 27-36

Lumintaintang, Y.B.M. (2009). Bahasa Negara, Bahasa Nasional. [On-Line]. Available FTP: .

Meuter, R. F. I & Allport, A. (1999). Bilingual Language Switching in Naming: Asymmetrical Costs of Language Selection. Journal of Memory and Language. Vol 40 : 25–40. Article ID jmla.1998.2602 [On-line series]. Available FTP: .

Monks, F.J.K. & Haditono, S.R. (2004). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Raguenaud, V. (2009). Bilingual By Choice, Raising Kids in Two (or more!) Languages. Boston: Nicholas Brealey Publishing.

Rickheit, G. & Strohner, H. (2008). Handbook of Communication Competence. Berlin: Mouton de Gruyter.

Roslina, D., (2009), Hubungan antara Kecerdasan Emosi dan Komunikasi Interpersonal dengan Eefektifitas Kepemimpinan pada RSUP H. Adam Malik Medan, Analitika: 1 (2): 79-90Ruben, B. D. & Stewart, L. P. (2006). Communication and Human Behaviour. USA: Alyn and Bacon.

Salleh, L.M. (2006). Communication Competence: A Malaysian Perspective. Journal of Human Communication. Vol. 11 No. 3 : 303-312 [On-line series]. Available FTP: .

Saunders, G. (1988). BilingualChildren : From Birth to Teens. Clevedon. Philadelphia: Multilingualmatters Ltd.

Sarinah, Azhar A., (2010), Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Komitmen terhadap Organisasi dengan Kepuasan Kerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara III (PERSERO), Analitika: 2 (2): 63-75

Simorangkir, N.R., Asih M., Azhar A., (2014) Kontribusi Komunikasi Persuasif Guru Terhadap Kepercayaan Diri Dan Motivasi Belajar, Analitika: 6 (2): 60

Siregar, C.Y., Suryani H., (2013) Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Persepsi Pengembangan Karir dengan Kepuasan Kerja, Analitika: 5 (1): 11-17Soler, E. A., & Jorda, M. P. S. (2007). Intercultural Language Use and Language Learning. Netherlands: Springer.

Zulhafni, Suryani H., (2011), Hubungan Antara Iklim Organisasi dan Komunikasi Interpersonal dengan Perilaku Agresif pada Anggota Satuan Reserse Kriminal POLDA Sumatera Utara, Analitika: 3 (1): 1-10




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v7i2.817

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License