PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK PEER GROUP TERHADAP EFIKASI DIRI DAN SELF-REGULATED LEARNING

Rahmawati br. Tarigan(1*), Sri Milfayetty(2), Nurmaida Irawani(3),


(1) Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik peer group terhadap efikasi diri dan self-regulated learning. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah 16 orang mahasiswatingkat II di Akademi Kebidanan (Akbid) Helvetia Medan yang mempunyai tingkat efikasi diri dan self-regulated learningyang tergolong rendah. Untuk memperoleh data mengenai efikasi diri dan self-regulated learning digunakan metode kuesioner. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Uji 2 Sampel Independen Kolmogorov-Smirnov ditemukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik peer group memberikan pengaruh terhadap peningkatan efikasi diri dan self-regulated learning siswa di Akbid Helvetia Medan.


Keywords


bimbingan kelompok, peer group, efikasi diri, self-regulated learning, akademi kebidanan

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2005). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Bandura, A. (1994). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freemanand Company.

Hulu, T., Irna M., (2013), Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri dengan Prestasi Belajar, Analitika: 5 (2): 50-56

Minauli, I., Imelda B.,(2011), Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa, Analitika: 3 (2): 99-114

Rahmayati, T.E., Zulkarnain L., (2013), Hubungan Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri, Analitika: 5 (2): 43-49

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta Prenada Media Group.

Sitanggang, O.E.Y., Nini S.W., (2014), Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan pada Calon TKI, Analitika: 6 (1): 37-43

Schunk, D. H. (1995). Self-Efficacy, Motivation, and Performance. Journal of Applied SportPsychology. 7(2), 112-137.

Zimmerman, B.J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist. 3-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v7i2.819

Article Metrics

Abstract view : 225 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License