HUBUNGAN HARGA DIRI SISWA DAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Winny Harismayani Pandia(1*), Abdul Munir(2), Azhar Azis(3),


(1) Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri siswa dan pola asuh demokratis orangtua dengan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap para siswa SMA St. Thomas III Medan yang duduk di kelas X dan XI. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel adalah   siswa SMA berusia 14-18 tahun dan memiliki pola asuh orangtua yang demokratis. Berdasarkan kriteria tersebut didapati jumlah siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 120 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala harga diri, skala pola asuh demokratis, dan skala motivasi belajar. Analisa regresi terhadap data penelitian yang terkumpul menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara harga diri dengan motivasi belajar, adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan motivasi belajar, serta adanya hubungan yang signifikan antara harga diri dan pola asuh demokratis dengan motivasi belajar. 


Keywords


harga diri, pola asuh demokratis, motivasi belajar, siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Daradjat, Z. (1996). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta : Bulan Bintang.

Damanik, F.H.S. (2014). Hakikat Pancasila dalam Membentuk Karakter Kebangsaan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6 (2): 49-60.

Djamarah, S.B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Erlangga.

Hurlock, B,E. (2003). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Kurniawati, A. (2006). Hubungan Antara Harga Diri dan Dukungan Sosial Dengan Sikap Konsumtif Pada Remaja. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM.

Milfayetty, S., (2009), Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Dan Reinforcement dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 11 Medan, Analitika: 1 (1): 1-11

Noordjanah . A. (2011). Hubungan Harga Diri dan Optimisme dengan Motivasi Belajar pada Siswa MAN Maguharjo Sleman Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmd Dahlan.

Pamela, E. & Waruwu, F.E. (2006). Efektivitas LVEP (Living Values : An Aducational Program) Dalam Meningkatkan Harga Diri Remaja Akhir. Jurnal Provitae. Volume 2. No. 1 : 13-24.

Pepi, A, Luisa, F And Alesi, M. (2006). Personal Conceptions of Intelligences, Self Esteem and School Achievement in Italian and Portuguese Students. Journal Pro Quest, Winter : 41-164.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Rini Hildayani, dkk. (2004). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: UT.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Schunk, Dale H Printich. Paul R Meece Judith L. (2012). Motivasi Dalam Pendidikan, Teori Penelitian dan Aplikasi. Jakarta. PT. Indeks.

Sobur, A. (1991). Anak Masa Depan. Bandung : Angkasa.

Suharyanto, A., (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2 (1): 192-203

Suryabrata, S. (2001). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v7i2.821

Article Metrics

Abstract view : 357 times
PDF - 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License