PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Sulaiman Sulaiman(1*), Harun Sitompul(2), Cut Mutia(3),


(1) Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Medan yang berjumlah 10 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling sebanyak 64 orang yang berasal dari dua kelas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar IPS Terpadu dan tes kreativitas dimana data dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA Faktorial 2 × 2. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah, dan ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


strategi pembelajaran, kreativitas, hasil belajar, IPS terpadu

Full Text:

PDF

References


Andriani, Nely., Husaini, Imron., Nurliyah, Lia. (2011). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (GuidedInquiry) pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Padang. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains Juni 2011. Bandung, Indonesia.

Angkat, Anni. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar Tentang Ekologi di SMK Negeri 1 Penanggalan Kota Subussalam. Jurnal Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.Vol. 2 No. 2 : 1-1.

Ata, Khairiah. (2013). Perbandingan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tentang Polusi Lingkungan Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran PBL dan Inquiry di SMK Negeri 4 Lhokseumawe. Jurnal Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.Vol. 2 No. 2: 39-53.

Haezarni, Eben. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir terhadap Hasil Belajar Organ Mahasiswa Jurusan Musik Gerejawi Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan (STAKP) Negeri Tarutung. Jurnal Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.Vol. 4 No. 2 : 178-186.

Iriyanto. (2012). Learning Metamorphosis; Hebat Gurunya – Dahsyat Muridnya. Jakarta: Erlangga

Jainab. (2004). Pengaruh Strategi Pembelajaran Audio Visual dan Kreativitas terhadap Kemampuan Menulis Angka Anak Taman Kanak-Kanak. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Joni, Raka. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: P3LPTK.

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v7i2.823

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License