KONTRIBUSI KOMUNIKASI PERSUASIF GURU TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR

Nur Rahimah Simorangkir(1*), Asih Menanti(2), Azhar Aziz(3),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi komunikasi persuasif guru terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (random sampling) dengan jumlah sampel terpilih sebanyak 78 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala komunikasi persuasif guru, skala kepercayaan diri, dan skala motivasi belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah multivariate analysis of variance (MANOVA).Analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi positif antara komunikasi persuasif dan kepercayaan diri. Diketahui pula bahwa terdapat kontribusi yang positif antara komunikasi persuasif dan motivasi belajar. Secara spesifik, diketahui bahwa dalam penelitian ini, komunikasi persuasif guru tergolong tinggi, kepercayaan diri siswa tergolong sedang, dan motivasi belajar siswajuga tergolong sedang.

Keywords


komunikasi persuasif; kepercayaan diri; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Angelis, Barbara De. (2003). Confidence: Sumber Sukses danKemandirian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghufron, Nur dan Risnawita S,Rini. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Hakim, Thursan. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Malik, Djamaluddin Dedy. ()1994. Komunikasi Persuasif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puspitaningsih, Irma Tri dan Moch. Nursalim. (2014). Hubungan Rasa Percaya Diri dan Komunikasi Interpersonal dengan Aktualisasi Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Baureno-Bojonegoro. Jurnal BK UNESA. Vol. 04 No. 01 Tahun 2014 : 22-27.

Rakhmat, Jalaluddin. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Severin, Werner J dan James W. Tankard. (2009). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa. Jakarta: Kencana.

Syam, Nina W. (2011). Psikologi Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wijaya, A.W. (1993).Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, S. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v6i2.828

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License