GAMBARAN SOFT SKILLS MAHASISWA DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Liza Marini(1*), Fasti Rola(2), Dian Ulfasari(3),


(1) Universitas Sumatera Utara
(2) Universitas Sumatera Utara
(3) Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat gambaran soft skills pada mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU). Responden penelitian ini adalah mahasiswa USU sejumlah 745 orang yang merupakan perwakilan dari jurusan eksakta dan non eksakta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala skala soft skills yang dibuat dalam bentuk self-rating scale. Peneliti mengkompilasi pendapat Simpson (2006) dan O’Brien (1997) menjadi aspek-aspek soft skills sebagai berikut : communication, self management, managing relationship, problem solving, teamwork, effort, dan ethics. Skala ini terdiri dari 45 item yang diujicobakan dan kemudian diperoleh 24 item yang memenuhi syarat untuk digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar soft skills mahasiswa USU berada di kategori baik. Sebagian besar mahasiswa USU diketahui tergolong baik dalam hal communication, managing relationship, teamwork serta effort.  Sementara itu, dalam hal self-management, ethic, dan problem solving,  sebagian besar mahasiswa USU hanya berada di kategori cukup.

Keywords


soft skills; mahasiswa USU

Full Text:

PDF

References


Asmawi, M. R. (2005). Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu di Perguruan Tinggi. (Online). .

Dubrin, A. (2004). Human Relations: Interpersonal, Job-Oriented Skills. Eighth Edition. Pearson Prentice Hall.

Hurlock. (2000). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi ke-5). Jakarta : Erlangga.

Jogijanto. (2006). Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Klaus, P. (2007). The Hard Truth about Soft Skills. New York: Harper Collins Publisher.

Marisi, Abdul Kamil. (2007). Efektifitas Model Pengukuran Kreativitas dalam Pembelajaran Hemisphere Kanan untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana UNY.

Media Indonesia. (2010). Angka Pengangguran 2010 (OnLine) .

NACE. (2007). Job Outlook 2008. [On-line]. .

National Association of Colleges and Employers (NACE). (2000). [On-line] .

Neff, T.J. & J.M. Citrin.( 2001). Lesson from The Top. New York : Doubleday Business.

Purmana, G.K. (2008). Peran Fungsi dan Posisi Mahasiswa. [On-line] .

Putra, IS. (2000). Sukses dengan Soft Skills, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Sejak Kuliah. Bandung : ITB

Sailah, I., (2008). Pengembangan Softskill di Perguruan Tinggi. Jakarta : Tim Kerja Pengembangan Softskill Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Suharti, Lieli. (2005). Kompetensi Manajerial. Salatiga : FE-UKSW.

Winartiningsih, W. (2008). Soft Skills : Bekal Menuju Sukses. Yogyakarta : LPMP D.I.Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v6i2.835

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANALITIKA
Program Studi Magister Psikologi, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika dan Email: analitika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License