Hubungan Self Regulated Learning Dan Kematangan Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik


Ilyas Ilyas(1*),


(1) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui : Hubungan Self Regulated Learning Dan Kematangan Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMK Negeri 1 Stabat. Penelitian dilakukan terhadap 123 orang siswa, tehnik pengambilan data dengan metode skala yaitu skala Self Regulated Learning, skala Kematangan Emosi dan skala Prokrastinasi, yang sebelumnya ketiga  skala tersebut diuji cobakan terhadap 50 orang siswa. Populasi adalah siswa kelas X dan XI yang berjumlah 1232 orang siswa, tehnik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan ; 1). Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara Self Regulated Learning dan kematangan emosi terhadap prokrastinasi akademik 2). Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara Self Regulated Learning dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMK Negeri 1 Stabat 3). Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kematangan emosi terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMK Negeri 1 Stabat.


Keywords


prokrastinasi; self regulated learning; kematangan emosi

Full Text:

PDF

References


Ablard, K. E. dan Lipschultz, R. E. (1998). Self-Regulated Learning in High Achieving Students: Relation to Advanced Reasoning, Achievement Goals, and Gender. Journal of Educational Psychology, 90(1), 94-101.

Anggawijaya, Sabatini. (2013). Hubungan antara Depresi dan Prokastinasi Akademik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Universitas Surabaya : Surabaya.

Andarini, Sekar. (2013). Hubungan antara Distress dan Dukungan Sosial dengan Prokastinasi Akademik. Jurnal Talenta Psikologi. Universitas Sahid : Surakarta.

Anggraeni, P. D. (2007). Prokastinasi pada Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi. Jurnal Psikologi. Universitas Gunadarma : Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta.

Burka, Jane B & Lenora M. Yuen. (2008). Procrastination Why You Do It, What To Do About It Now. Da Capo Press : USA

Caplin, J P. (1997). Kamus Lengkap Psikologi. Raja Grafindo Persada : Jakarta

Febriansyah, Randi. (2012). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Prokastinasi Akademik. Jurnal Psikologi. Universitas Islam Indonesia : Yogyakarta

Ferrari, J. R. & Tice, D. (2000). Procrastination as a Self Handicap for Men and Women; A Task Avoidance Strategy in a Laboratory Setting. Journal of Research in Personality, Vol. 34.

Gunarsa. (2004). Dari Anak Sampai Usia lanjut: Bunga Rampai Psikologi Perkembangan. PT. BPK Gunung Mulia : Jakarta

Hurluck & Elizabeth, B. (1993). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penerbit Erlangga : Jakarta:

Jiou, Qun G, Denise A. Kathleen Collins. (2011). Academic Procratination and The Performance of Graduate-Level Cooperative Group in Research Methods Courses. Journal of The Scholarchip of Teaching and Learning, Vol. 11, No 1.

Koestner, Caroline Senecal & Robert J. Vallerand. (1995). Self Regulation and Academic Procraatination. The Journal of Social Psychology. Page 607-619.

Ledy, Kusumasari. (2013). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Prokastinasi Akademik Pada siswa. Jurnal Unik. Unika Soegijapranata : Malang

Mugista, Mellysha. (2014). Kematangan Emosi dengan Prokrastinasi pada Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. ISSN : 2301-8259. VOL. 02 NO. 02. Universitas Muhammadiyah : Malang:

Myers, D.G. (2005). Social Psychology. McGraw Hill Companies Inc : New York

Nuroh. (2006). Hubungan d Self Regulated Learning dengan Perilaku Prokastinasi Akademik. Jurnal psikologi. Universitas Maulana Malik : Malang

Salomon, Laura J & Esther D Rothblum. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Corralates. Journal Of Counseling Psychology, Vol 31 No. 4. American Psychological Association

Schunk, D. H. & Etmer, P. A. (1999). Self-Regulatory Processes During Computer Skiil Acquistion Goal and Self-Evaluative Influences. Journal of Educational Psychology, 91, 251-260

Tangney, J. P, Baumeister, R. F, & Boone, A. L. (2004). High Self Regulated Learning Predicts Good Adjustment, Less Pathology, Better Grades, and Interpersonal Success. Journal of Personality, 72(2), 271-332

Wolters, C. A. (1998). Self-Regulated Laearning and College Students Regulation of Motivation. Journal of Educational Psychology, 90, 224-235

Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self Regulated Learning,Journal of Educational Psychology, 81 (3), 1-23.




DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v8i1.857

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Pascasarjana Magister Psikologi, Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License