HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN HARGA DIRI DENGAN KECERDASAN MORAL SISWA SMK SINAR HUSNI 2 TR LABUHAN DELI


Khairul Mulkan(1*),


(1) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontrol diri dan  harga diri dengan kecerdasan moral siswa SMK Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli.  Subjek penelitan berjumlah 107 orang siswa SMK Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel ramdom sampling .  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan  antara kontrol diri dengan kecerdasan moral siswa, terdapat hubungan positif  yang signifikan antara harga diri dengan kecerdasan moral siswa, serta terdapat hubungan positif yang signifikan antara kontrol diri dan harga diri dengan kecerdasan moral siswa.  Hasil ini  ditunjukkan  dengan  F = 47,205 dan p =0,001, p< 0,05. Ini menandakan bahwa semakin tinggi kontrol diri dan harga diri maka semakin baik kecerdasan moral.  Kontrol diri  memberi kontribusi terhadap  kecerdasan moral  sebesar 47,5 %  dan harga diri memberikan kontribusi terhadap kecerdasan moral sebesar  4,2 %.  Kontribusi kontrol diri dan harga diri memberikan kontribusi  terhadap kecerdasan moral sebesar 47,6 %,hal ini berarti masih terdapat       52,4 % faktor lain yang dapat mempengaruhi kecerdasan moral.


Keywords


Kecerdasan Moral, Kontrol Diri, Harga Diri

Full Text:

PDF

References


Ali,M & Asrori,M. 2004. Psikologi Remaja. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Azwar, S. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Badri, M., Azhar A., (2011), Pengaruh Locus Of Control dan Harga Diri terhadap Motivasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Medan, Analitika: 3 (1): 29-36

Bandura, A. 2007. Self – Efficacy: The Exercise of Control. Terjemahan : Nunuk Adiarni. Binarupa Aksara. Jakarta.

Borba. 2008. Developing Moral Intelegence. Terjemahan : Nadiroh. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Calhoun dan Acocella. 1990. Psychology Adjusment And Human Relationship. Terjemahahan : Satmoko. Yayasan Obor Indonesia. Yogyakarta.

Coles, R. 2000. Menumbuhkan Kecerdasan Moral pada Anak. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Coopersmith.2007. The Antecedent Of Self Esteem. San Fransisco : W.H. Freeman.Terjemahan : Istiwidayanti dan Soedjarwo. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Croker, J.M. 1993. The Adolescence. Second Edition. San Fransisco :W.H. Freeman And Company. Terjemahan : Istiwidayanti dan Soedjarwo. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Dariuszky,G. 2004. Membangun Harga Diri. CV. Pionir Jaya. Bandung.

Gargen,K.J. 1970. The Concept Of Self. New York : Raineheart and Winston Inc.

Ginting, E.M., Rahmi L., (2010), Hubungan antara Harga Diri dan Tingkat Pendidikan dengan Sikap Penerimaan Ibu terhadap Anak Autis Di Yayasan I-Home Schooling Medan, Analitika: 2 (1): 37-44

Hadi S. 1990. Metode Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM. Yogyakarta.

Hurlock E.B. 1990. Psikologi Perkembangan. Terjemahan : Istiwidayati dan soedjarwo. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Lazarus. R. 1976. Pattern Of Adjusment. Mc Graw Hill Inc.

Lennick & Kiel. 2005. Moral Intelegence. New Jersey. Peson Education. Inc. Terjemahan : Nurul Iman . Penerbit Pustaka Binaman. Jakarta.

Masitah, Irna M., (2012) Hubungan Kontrol Diri dan Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying, Analitika: 4 (2): 65-73

Munir, A., (2009), Hubungan Kepercayaan Diri dan Harga Diri dengan Kemampuan Bergaul Mahasiswa FIP UNIMED, Analitika: 1 (2): 1-9

Pandia, W.H, Abdul M., Azhar A., (2015) Hubungan Harga Diri Siswa dan Pola Asuh Demokratis Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa, Analitika: 7 (2): 80-87

Salamiah S, N.S., Dini H.S., (2011), Hubungan Intelegensi Dan Pola Asuh Orangtua Demokratis Dengan Harga Diri Siswa, Analitika: 3 (2): 99-114

Santrock. 2002. Life-Span Development. Terjemahan : Juda Damanik dan Achmad Chusairi. Erlangga. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v8i2.866

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Pascasarjana Magister Psikologi, Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License