KOORDINASI PERSIMPANGAN RUAS JALAN AHMAD YANI DI KOTA MEDAN

Marwan Lubis(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Masalah lalu lintas di kota Medan menjadi gejala yang perlu diperhatikan dan ditangani secara bijak dan tepat melalui berbagai penanganan terutama penanganan jangka pendek pada lokasi lokasi permasalahan lalu lintas melalui metode menejemen lalu lintas serta memiliki pola jaringan jalan berbentuk grid dimana simpang yang ada di jaringan jalan tebut memiliki banyak persimpangan yang berdekatan sehingga mampu menimbulkan permasalahan serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengkoordinasikan persimpangan di ruas jalan Ahmad Yani dan menganalisa perbedaan kondisi antara sebelum dan sesudah dikoordinasi. Waktu offset hasil perhitungan terbesar terjadi pada waktu pagi hari sebesar 80 detik antara simpang I dan simpang II, sedangkan antara simpang II dan simpang III waktu offsetnya sebesar 29 detik dengan waktu siklus 100 detik kecepatan rata-rata 19 km/jam, sedangkan pada waktu sore hari sebesar 78 detik antara simpang I dan simpang II, sedangkan simpang II dan simpang III waktu offsetnya sebesar 28 detik dengan waktu siklus 100 detik kecepatan rata-rata 20 km/jam, hal ini mengindikasikan bahwa arus lalu lintas pagi lebih besar dari waktu sore hari, kepadatan tersebut berdampak pada ruas jalan yang lebih kecil pada pagi hari dibanding sore hari. Demikian halnya dengan waktu tunda pada persimpangan I saat pagi 46,2 smp/detik saat sore 32,5 smp/detik, waktu tunda persimpangan II saat pagi 25,2 smp/detik saat sore 28,3 smp/detik dan waktu tunda persimpangan III saat pagi 30,7 smp/detik saat sore 40,2 smp detik yang berarti mengalami peningkatan kinerja simpang dari sebelumnya.

Kata Kunci: Koordinasi persimpangan, Waktu offset, Waktu tunda

 

 

Abstract

Traffic problems in the city of Medan is a symptom that needs to be addressed and dealt with wisely and appropriately through various short-term treatment, especially handling the traffic problems on site location through traffic management method and has a pattern of grid road network where existing intersections on the road network tebut has many adjacent intersections so as to cause serious problems.This study aims to coordinate intersections on roads Ahmad Yani and analyze the differences between the conditions before and after coordinated. Time offset calculation results was greatest during the morning of 80 seconds between the first intersection and the intersection II, while the intersection II and III intersection offset time by 29 seconds with a cycle time of 100 seconds an average speed of 19 km / h, while in the afternoon day for 78 seconds between the first intersection and the intersection II, while the second intersection and the intersection III offset time by 28 seconds with a cycle time of 100 seconds an average speed of 20 km / h, this indicates that the traffic flow is greater than the time morning afternoon the density impact on smaller roads in the morning than the afternoon. Similarly, the time delay at the intersection of I currently am 46.2 smp / sec during the afternoon 32.5 smp / sec, the time delay intersection II 25.2 smp during morning / afternoon 28.3 seconds while smp / sec and the time delay junction III while 30.7 smp morning / afternoon time of 40.2 seconds smp seconds means increased performance of previous intersection.

Keywords: Coordination intersection, Time offset, Time delay


Article Metrics

Abstract view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.