ANALISA PENGARUH PUTARAN BALIK (U-TURN) TERHADAP KINERJA RUAS JALAN( STUDI KASUS )

Nuril Mahda Rangkuti(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Jalan Sisingamangaraja di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, merupakan jalan arteri dengan volume lalu lintas yang relatif tinggi. Dari masing – masing ruas jalan tersebut telah dilengkapi dengan median beserta bukaan median untuk mengakomodir gerakan U – Turn. Ruas Jalan Sisingamangaraja memiliki satu bukaan median tak bersinyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pergerakan U - Turn terhadap kinerja ruas Jalan Sisingamangaraja Kota Medan. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode Greenshield, maka di dapat beberapa kesimpulan, Arah A di ketahui bahwa kecepatan kendaraan dari mulai akan melakukan U-Turn sampai telah berbalik arah dibutuhkan kecepatan sebesar 25 m/detik atau 6,96 km/jam waktu tempuh 3,49 detik, tundaan yang terjadi akibat pergerakan U-Turn sebesar 7,5 detik, Arah B diketahui bahwa kecepatan kendaraan dari mulai akan melakukan U-Turn sampai telah berbalik arah dibutuhkan kecepatan sebesar 20,86 m/detik atau 5,80 km/jam dengan waktu tempuh 4,66 detik, tundaan yang terjadi akibat pergerakan U-Turn sebesar 10,4 detik.Secara keseluruhan kinerja ruas jalan Sisingamangaraja indikatornya adalah B.
Kata Kunci : U-Turn,Kecepatan, Tundaan


Abstract
Singamangaraja street in the city of Medan in North Sumatra Province, an arterial road with traffic volume is relatively high. Of each - each of these roads have been equipped with median openings along the median to accommodate the movement of the U - Turn. Roads Singamangaraja have a median opening is not signalized.The purpose of this study was to determine the extent of the influence of the movement of the U - Turn on the performance Singamangaraja street in the city of Medan.From the results of research using methods Greenshield, then can some conclusions, Directions A in the know that the speed of the vehicle from starting will do a U-Turn to have reversed course required speed of 25 m / sec or 6.96 km / h and takes about 3, 49 seconds, the delay caused by the movement of the U-turn of 7.5 seconds, direction B is known that the speed of the vehicle from the start will make U-turn until the required speed has rebounded by 20.86 m / sec or 5.80 km / h with a travel time of 4.66 seconds, the delay caused by the movement of the U-Turn at 10.4 Seconds.Road Singamangaraja overall performance indicator is B.
Keywords: U-Turn, Speed, Delay


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 240 times
PDF - 373 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.