EVALUASI LOKASI PERPARKIRAN DIBADAN JALAN TERHADAP KEAMANAN DAN KENYAMANAN PENGGUNA JALAN

Nuril Mahda Rangkuti

Abstract


Merencanakan sebuah tempat parkir khususnya pada daerah perkotaan yang mempunyai volume kendaraan yang tinggi haruslah mempertimbangkan kegiatan pengguna jalan maupun kendaraan-kendaraan, yang melintas dalam suatu ruas jalan., sehingga dengan demikian akan didapat kondisi di jalan yang memberikan rasa aman, nyaman dan dapat menciptakan ketertiban dan kemudahan dalam pemanfaatan fasilitas jalan yang tersedia. Permasalahan yang sering muncul adalah keterbatasan ruang jalan untuk aktivitas parkir sehingga sering badan jalan digunakan sebagai tempat parkir aktivitas ini jelas akan mengurangi lebar jalan dan juga berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan pengandara dan para pengguna jalan tersebut misalnya , sering terjadi kecelakaan, rawannya kemacetan dijalan dan lain-lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat korelasi pengguna badan jalan terhadap parkir dan tingkat keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Uji statistik menunjukkan signifikan 0,000<p=0,05 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,823. Hal ini menunjukkan lokasi parkir berkorelasi dengan berkurangnya keamanan kenyamanan yang parkir dengan alasan tidak ada lokasi parkir dengan tingkat korelasi sebesar 82,3%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa prasarana penunjang dalam kinerja ruas jalan seperti Pembatasan kendaraan parkir, pengaturan arus lalu lintas, pengaturan akses parkir dan pemberlakuan jam-jam khusus untuk bongkar muat kendaraan barang merupakan solusi yang dibutuhkan untuk tercapainya kinerja jalan.
Kata Kunci: Parkir dibadan jalan, Kinerja ruas jalan


Abstract
Planning a parking spacespecially in city wich has high volume automobilies usage should consider the activities of street users and transportation devices, wich travel across one road section, therefore it can achieve a condition that give secure feeling, confortable and able to create orderliness and convenience in utilizing avaliable street facilitiesti particulary in city artery street. The most emerging problem are the limiting road section for parking often the street use as parking space,this activity will decrease the street wide and also influence the safety and comfort of the street user, for example there are often accident, traffic jam ,etc. The result of this research show that the correlation rate of street users toward parking spacevand security and pleesantness rate of the street user. Statistic test show significance 0,000<p=0,05 with correlation coefficient values for about 0,823. It suggest that the parking location has a connection toward trasportasion device type with correlation rate 82,3%. There fore it can be conclude that supported insfrastructure in street section performance, such as : the limitation of parking space, traffic arrangement, parking access arrangement, and establish particular time to load and hauled up of cargo car are the solution to achieve good street performance.
Keywords: On street parking, Street performance


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.