PENGARUH PENGGUNAAN ABU TERBANG (FLY ASH) PADA BETON

Deny Meisandy

Abstract


Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang memegang peranan yang sangat penting dalam sektor perhubungan dan menunjang laju pertumbuhan ekonomi. Pada perencanaan konstruksi tebal perkerasan dapat ditentukan dengan analisa perhitungan sehingga jalan yang direncanakan dapat memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada lalu lintas sesuai dengan fungsi dan umur rencananya Sejalan dengan hal tersebut diatas.Pembangunan jalan akses tersebut nantinya akan menghubungkan alur transportasi dari lintas sumatera menuju lokasi operasional pembangkit listrik tenaga uap. Topik bahasan skripsi ini dititik beratkan pada perencanaan perhitungan tebal lapis perkerasan dengan metode analisa komponen. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui tebal lapis perkerasan jalan baru yang disesuaikan dengan kapasitas volume kenderaan yang akan dilalui pada lokasi tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara : Observasi (pengamatan), mengadakan konsultasi dengan narasumber, dan mencari data ke lokasi proyek. Dari hasil pengamatan diperoleh. Metode yang digunakan dalam perhitungan tebal lapis perkerasan jalan baru adalah menggunakan Metode Analisis Komponen.Hasil analisa tersebut, terdapat perbedaan tebal lapisan perkerasan antara penulis dan perencana, penarikan nomogram, diagram, dan table angka ekivalen merupakan parameter pembeda dalam menetukan tebal lapisan perkerasan. Disarankan: ketelitian sangatlah penting dalam setiap metode yang dikerjakan untuk hasil yang efisiensi. Adapun nilai tebal perkerasan dari penulis; lapis permukaan= 10 cm, lapis pondasi atas = 15 cm, lapis pondasi bawah 24 cm. sedangkan pihak perencana; lapis permukaan 10 cm dan lapis pondasi atas = 20 cm dan lapis pondasi bawah 30 cm.
Kata kunci: lapis perkerasan, metode analisa komponen.

 


Abstract
Roads are the land transportation infrastructure that plays a very important in the transport sector and support economic growth. In planning the construction of pavement thickness can be determined by analysis calculations so that the road is planned to provide services as closely as possible to the traffic in accordance with the function and life of the plan In line with the above.The construction of access roads that will connect the flow of transportation of cross Sumatra to the location of plant operation steam power. Topic of this thesis put emphasis on the planning of pavement layer thickness calculation method component analysis. The purpose of this thesis is to find a new road pavement layer thickness adjusted volume capacity vehicles that will pass on that location. Value collection techniques done by: Observation (observation), held consultations with the speakers, and find the value to the project site. From observations obtained. The method used in the calculation of the new road pavement layer thickness is using Component Analysis Method.The result of analysis, there are differences in thickness of pavement layers between the author and the planner, the with drawal of the nomogram, diagrams, and tables equivalent figures are differentiating parameter in determining pavement layer thickness. Suggested: accuracy is very important in any method that worked for the results of efficiency. The value of pavement thickness of the author; = 10 cm surface course, base course on = 15 cm, base course under 24 cm.while party planners; 10 cm surface layer and base course on = 20 cm and 30 cm below the base course.
Keywords: pavement, component analysis method


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.