PENGARUH PELAYANAN PURNA JUAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SIM CARD (SURVEI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UMN AL WASHLIYAH DAN UNIVA MEDAN)
DOI:
https://doi.org/10.31289/jkbm.v4i2.1557Keywords:
Pelayanan Purna Jual, Garansi, Reparasi, Suku Cadang dan Loyalitas pelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelayanan Purna Jual yang terdiri dari Garansi, Reparasi, dan Suku Cadang secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan sim card. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian (explanatory research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 488 orang mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden adalah pengguna produk sim card di dua universitas yaitu universitas Muslim Nusantara Al Washliyah dan Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan. Teknik analisis data menggunkan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan memperhatikan uji asumsi klasik dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pealyanan Purna Jual yang terdiri dari garansi, reparasi dan suku cadang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sim card, Layanan Purna Jual secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sim card, Reparasi adalah variabel yang dominan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan sim card. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Garansi, Reparasi, dan Suku Cadang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan memiliki R2 sebesar 90,7%.References
Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Cetakan Pertama, Gramedia, Jakarta
Candra, Johan 2014.Pengaruh Faktor Promosi, Kualitas Produk, Dan Ketidakpuasan Terhadap Perpindahan Merek. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 2 No. 3 Juli
Che Wel, A and Bojei, J. 2008. Determining Relationship Marketing Instrument, The IUP Journal of Marketing Management, Vol. VIII. No. 3&4, pp.25-41
Creswell, J.W. 2010 Reseach Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (alih bahasa Achmad faid). Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Dean, Alison M,. 2007. The Impact of Customer Orientations of call center Employees on Customer’ Affective Commitmen and Loyalty. Journal of Service Research, Vol.10:161-173
Dewi N. P. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan bauran promosi terhadap loyalitas konsumen smartphone blackberry. Jurnal MIX, Vol. IV, No 1 Februari
Ernoputri D, Arifin Z & Fanani D .2016. Pengaruh Layanan Purna Jual terhadap kepuasa Konsumen (Survei pada pengguna produk LG di Malang Town Square (Matos) Malang_Jawa Timur Jurnal Administrasi Bisnis |Vol. 30 No. 1 Januari
Ghozali, Imam. 2009. Desain Penelitian eksperimental dengan Program SPSS. Semarang : Penerbit BP-UNDIP.
_______ 2008. Marketing Management. United State of America : Prentice Hall.
Kurniawan, Ferri & Lubis, Nazirul .2013. Pengaruh Relationship marketing Dan Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan pelanggan PT. Astra Internasional Isuzu Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.2.1 Maret
Petkao, W. 2010. The Relaionship Between Service Quality, Product Quality, Price Fairness and Customer Satisfaction of Retail Stores in Hatyai Thailand. Malaysia: Perpustakaan Sultanah Bahiyah.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sangadji, E.M, 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta :Penerbit Andi.
[[15] ______ 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid Satu. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, edisi kedua. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Veronica L, & Ronald, S. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Coffe toffee Jatim Expo di Surabaya, Jurnal Gema Aktualita , Vol.2 No .2, Desember
2017 data pelanggan seluler. Dalam http://databoks.katadata.co.id. tanggal 30 Mei pada pukul 19.30 WIB
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).