Peran Peningkatan Pengembangan UMKM Melalui Pemasaran

Zulkifli Zainuddin(1*),


(1) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Attahiriyah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini menganalisis konsumen atas pilihan dalam menggunakan/mengkonsumi produk/jasa dimana konsumen lebih dominan memilih variabel manakah yang disukainya dalam berbelanja. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan menggunakan analisis Uji kesamaan (Homogenitas) yang didasarkan bahwa apabila varians yang dimiliki oleh sampel yang bersangkutan tidak jauh berbeda. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa  t hitung < t table (2.145 < 2.015) maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan antara kualitas layanan dengan produk. Pada table Paired sampels statistic terlihat rata rata untuk kualitas layanan adalah 4.04, dimana saat menjamu tamu atau konsumen memiliki pengetahuan akan produk yang lebih luas dan untuk produk adalah 3.73, artinya rata rata kualitas layanan lebih tinggi daripada produk, sehingga kualitas layanan, pengaruh yang cukup kuat terhadap produk, dimana konsumen dalam membeli produk mencari ke”unik”an atau produk yang berbeda dibanding pesaing lain sehingga dalam hal ini pemilik usaha perlu melakukan perbaikan produk guna mendatangkan konsumen lebih banyak dan melakukan strategi dalam memperkenalkan perusahaan di masyarakat umum. 


Keywords


Marketing, UMKM, WOM, quality of service

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Babin, J Barry. (2005). Modeling Cunsomer Satisfaction and Word of Mouth. The Journal of Services Marketing 9(3).

Eugene W, A.. (1998). Customer Satisfaction and Word of Mouth. Journal of Research. Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat. Lupioadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Maulana, R. Shopee Gandeng Komunitas UKM di daerah untuk tingkatkan konversi penggunanya. https://id.techinasia.com/shopeerangkul-komunitas-di-daerah. Diakses 2 Juli 2017. Purba, H. (2008). Delapan Dimensi Kualitas David Garvin. Suprayogi, Toteng T. (2017). Locus of Control dan Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Attahiriyah Jakarta. 2(2). Vibiznews. (2007). Buzz Marketing, Paling efektif di Indonesia. Journal Phpvbis Outcomes.al Manajemen Pemasaran. 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jkbm.v5i1.1657

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.