Strategi Dalam Menghadapi Persaingan Perguruan Tinggi Di Propinsi Sumatera Utara Melalui Analisis SWOT (Studi Kasus UMN Al Washliyah Medan)

Lukman Nasution(1*), Muhammad Rapono(2),


(1) Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal melalui analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) di UMN Al Washliyah Medan. Jenis penelitian  adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Faktor Kekuatan yang dimiliki oleh UMN Al Washliyah yaitu : 1) Sumber daya manusia yaitu  241 dosen  memiliki latar belakang pendidikan S2, hal ini membuktikan bahwa dosen di lingkungan UMN Al Washliyah mencukupi syarat  berdirinya sebuah Universitas. 2) Lahan yang cukup menampung seluruh mahasiswa yang ada. 3) Fasilitas gedung perkuliahan, perpustakaan yang permanen serta laboratorium yang representatif. 4) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang sudah berada pada cluster Madya. Faktor Kelemahan, yaitu : 1) Beberapa tenaga administrasi belum sarjana (S1), 2) Kurangnya mahasiswa yang aktif di bidang kreativitas dan kesenian di lingkungan kampus 3) Minimnya peralatan laboratorium serta kurangnya koleksi buku bacaan untuk referensi mahasiswa. 4) Kurangnya minat dosen melanjutkan kuliah ke jenjang S3. Faktor Peluang, yaitu : 1) Adanya dukungan  positif dari Pengurus Besar Al Jam’iyatul Washliyah Jakarta untuk  menyediaan lahan perluasan kampus. 2) Dukungan moril masyarakat Sumatera Utara untuk kemajuan UMN Al Washliyah. 3) Adanya kepercayaan dari pemerintah, masyarakat dan dunia usaha terhadap UMN Al Washliyah dalam menghasilkan SDM berkualitas. Faktor Tantangan, yaitu : 1) Keterlibatan masyarakat luas dalam pendanaan, menuntut keterbukaan manajemen keuangan dan mutu kinerja yang menunjukkan keberhasilan. 2) Sulitnya untuk membangun fakultas baru dan program studi baru. 3) Peningkatan biaya pendidikan dapat menggeser kedudukan masyarakat berpenghasilan rendah. 


Keywords


Strategi, SWOT

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta. Alma, Buchari dan Ratih Hurriyati (2008), Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan: Fokus pada Mutu dan Layanan Prima, Bandung: Alfabeta. Alma, B. (2003). Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Assael H. (2002), Consumers Behavior and Marketing Action, Boston Massachusset : Kent Publishing Company. Boyd, Walker dan Larreche, Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategi dengan Orientasi Global, (Jilid 1). (2000), Jakarta: Erlangga. Carthy, Mc. & Perreault, Dasar-Dasar Pemasaran, (Edisi V), (1996). Jakarta: Erlangga French, Herek dan Heather Saward, (1982). The Dictionary of Marketing, London : Pans Book. Fine, Seymour H, (1990). Social Marketing: Promoting The Causes of Public and Nonprofit Agencies, Boston: Allyn and Bacon.. Irianto, Bahtiar, Y dan Prihati, E, (2009). Dalam Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Kim, W.C, and Mouborgne R (2015). Blue Ocean Strategy: Menciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Menjadikan Persaingan tidak lagi Relavan PT. Mizan Publika (Anggota IKAPI). Jakarta. Kotler, P,, Amstrong, G (2008), Prinsip-Prinsip Pemasaran, (Jilid 1) (Terjemah) , Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, (Edisi Kelima) (1989) , Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip, (1997) Manajemen Pemasaran, Jakarta: Prenhallindo. Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Ratnasari, Ririn Tri dan Mastuti Aksa, (2011). Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa, Bogor: Ghalia Indonesia. Rangkuti, Freddy, (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis; Reorientasi, Konsep dan Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Sutojo, Siswanto, (1988). Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Dharma Aksara Persad. Swastha, Basu dan Handoko, H, (2000). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE. Rohmitriasih, Hendyat Soetopo. (2015). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Manajemen Pendidikan, 24(5): 402-407. Sampurno. (2010). Manajemen Stratejik: Menciptakan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Sekaran, Uma. (2007). Metode Penelitian untuk Bisnis. Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. Suliyanto. (2006). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: ANDI. Sahyar , Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Proses Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Pekbis Jurnal, 1(3): 131-139. Sarkawi, dkk. Penerapan Blue Ocean Strategy Dalam Menghadapi Persaingan Pendidikan Kesehatan Di Propinsi Bengkulu. STMIK AMIKOM Yogyakarta, 6-8 Februari 2015, ISSN : 2302-3805. Sitanggang, Oktavia. A, (2012). Evaluasi Strategi Blue Ocean Pada Stasiun Televisi (Studi Kasus pada Program Spesial Lamp10n di Global TV). FISIP UI. Jakarta. Buku Pendukung HELTS 2003-2010, Strategi Pendidikan tinggi Jangka Panjang, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2004 Naskah Akademik Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi Indonesia Tahun 2015, Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jkbm.v5i1.1745

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.