Pengaruh Harga, Pelayanan, dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Transportasi Online di Kota Medan

Mas Intan Purba(1*), Kristi Endah Ndilosa Ginting(2),


(1) Universitas Prima Indonesia
(2) Universitas Prima Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh harga, pelayanan dan kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan. Sifat dari penelitian ini adalah explanatory dan jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 400 orang konsumen pengguna transportasi online di kota Medan. Data yang telah dikumpulkan melalui kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas, kemudian diolah menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hasil penelitian ini adalah (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan, (2) Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan, (3) Kualitas jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan, (4) Harga, pelayanan dan kualitas jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan.

Keywords


Harga, Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. (2013). Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Value. Edisi Pertama Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andy Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi Tjiptono, Fandy. (2016). Service, Quality, And Satisfaction. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi Widjojo, Handyanto, et.al. (2017). Sari-Sari Pemasaran & Aplikasinya Di Dunia Bisnis. Jakarta:Prasetiya Mulya Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jkbm.v5i1.1869

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.