Pengaruh Harga, Pelayanan, dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Transportasi Online di Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.31289/jkbm.v5i1.1869Keywords:
Harga, Pelayanan, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh harga, pelayanan dan kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan. Sifat dari penelitian ini adalah explanatory dan jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 400 orang konsumen pengguna transportasi online di kota Medan. Data yang telah dikumpulkan melalui kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas, kemudian diolah menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hasil penelitian ini adalah (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan, (2) Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan, (3) Kualitas jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan, (4) Harga, pelayanan dan kualitas jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen transportasi online di kota Medan.References
Assauri, Sofjan. (2013). Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Value. Edisi Pertama Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andy Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi Tjiptono, Fandy. (2016). Service, Quality, And Satisfaction. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi Widjojo, Handyanto, et.al. (2017). Sari-Sari Pemasaran & Aplikasinya Di Dunia Bisnis. Jakarta:Prasetiya Mulya Publishing.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).