Analisis Brand, Inovasi Dan Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Songket Tenun Tarutung

Nurmaidah Ginting(1*), Demak Claudia Yosephine Simanjuntak(2), Lasma Ria Tampubolon(3),


(1) Universitas Prima Indonesia
(2) Universitas Prima Indonesia
(3) Universitas Prima Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand, inovasi, dan budaya terhadap keputusan pembelian Songket Tenun Tarutung di Kabupaten Tapanulin Utara. Sifat penelitian ini adalah penelitian menjelaskan (explanatory) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Accidental sampling yaitu penduduk wanita yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara dan penelitian mengambil data 100 responden dengan sampel menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan primer Untuk  pengujian validitas dan Uji reliabilitas disebarkan kepada 30 responden penelitian yang merupakan Konsumen Wanita pembelian songket tenun Tarutung di Kabupaten Tarutung. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Nilai R adjusted Square (R²) adalah 0,553 yang mengindikasikan bahwa variasi variabel brand, inovasi dan budaya mampu menjelaskan  variasi variabel keputusan pembelian sebesar  55,3 %.  Pengujian secara simultan menujukkan bahwa brand, inovasi dan budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian secara parsial bahwa brand, inovasi dan budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


brand, inovasi, budaya, dan keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Buchory, A H dan Saladin, D. 2010. Edisi Pertama. Manajemen Pemasaran. Linda Karya. Bandung. Dewanto W, Hendrati D M, Anggraeni P, Grisna A dan Indriany A. 2014. Manajemen Inovasi. Edisi 1. Andi Offset. Yogyakarta. Dyca Okkysantria, 2014. Analisis Pengaruh Kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis konsumen usia muda terhadap keputusan pembelian makanan CEPAT SAJI MCDONALD’S Feriyanto, A dan Endang, S T. 2015. Pengantar Manajemen (3in 1). Meditera. Kebumen. Kartajaya. 2010. Brand Operation. Erlangga. Jakarta. Kotler, P. & Keller, (2008). Manajemen Pemasaran., Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Kotler

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisi 13. Erlangga. Jakarta. Rivai, V dan Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta. Ruben, Brent D. dan Stewart, Lea P. (2017). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Edisi Kelima. RajaGrafindo Persada. Jakarta. Roni Andiyanto, (2016). Pengaruh Inovasi, Celebrity Endorser Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Futsal Adidas Di Yogyakarta Satria Adhi Wicaksono,( 2015). Pengaruh Merek Dan Desain Terhadap Minat Beli Konsumen Sugiyono. (2011). Metode PenelitianPendidika (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung Suharno dan Yudi Sutarso. (2010). Marketing in Practice. Graha Ilmu. Yogyakarta. Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen; Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu. Yogyakarta Sutarno. 2012. Serba-Serbi Manajemen Bisnis. Edisi 1. Graha Ilmu.Yogyakarta. Sekaran U. 2008. Metedologi Penelitian Untuk Bisnis. Salemba Empat. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jkbm.v5i1.1873

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.