Hubungan Atribut Produk Dengan Keputusan Membeli Kosmetik Oriflame Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area


hafiah harfiah(1*), syafrizaldi syafrizaldi(2),


(1) Universitas Medan Area
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian extraversion dengan minat berwirausaha. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara kepribadian extraversion dengan minat berwirausaha, dengan asumsi semakin extraversion kepribadian yang dimiliki individu, maka semakin tinggi minat berwirausaha, dan sebaliknya semakin lemah kepribadian extraversion yang dimiliki individu, maka semakin rendah minat berwirausaha. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Dharmawangsa Medan sebanyak 125 orang yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data diperoleh dari skala untuk mengukur kepribadian extraversion dan minat berwirausaha. Perhitungan dilakukan dengan melakukan uji prasyarat analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Product Moment melalui bantuan SPSS 15 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,535 (p < 0.05). Ini menunjukkan ada hubungan positif antara kepribadian extraversion dengan minat berwirausaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variabel kepribadian extraversion terhadap minat berwirausaha adalah sebesar 28,6 persen, selebihnya 72,4 persen dipengaruhi oleh faktor lain seperti self efficacy, locus of control, lingkungan keluarga, pengetahuan kewirausahaan, dan motivasi berprestasi. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan positif antara kepribadian extraversion dengan minat berwirausaha dapat diterima.

Keywords


Atribusi Produk; Keputusan Membeli; ;Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Aditia,F,S. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Baju “MINT” Di Counter Java Mall Semarang. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala

Akbar,K, 2013. Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone atau Smartphone Samsung Jenis Android. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis : Universitas Diponegoro.

Apsari,F, 2012. Hubungan Antara Kecenderungan narsisme Dengan Minat Membeli Kosmetik Merek Asing Pada Pria Metroseksual, Jurnal Fakultas Ilmu Kesehatan :Universitas Sahid Surakarta Vol. 1 No.2..

Ayu,R.P, 2005. Hubungan Keterlibatan Emosional Dengan Keputusan Membeli Pada Wanita. Skripsi. Fakultas Psikologi : Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Djamaris, A.RA, 2013. Analisis Faktor Perilaku Konsumen terhadap Atribut Produk dalam Keputusan Pembelian Food Consumer Product. Jurnal Universitas Bakrie, Jakarta

Ferrinadewi,E, 2005. Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen di Surabaya, Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra Surabaya.Vol.7 No.2.

Haditono, S,R, 2006. Psikologi Perkembangan : Pengantar Dalam Berbagai Bagian. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Hidayat,A.T, Elita,F.M, & Setiaman,A, 2012. Hubungan Antara Atribut Produk Dengan Minat Beli Konsumen, Jurnal Fakultas Ilmu Komunikasi : Universitas Padjajaran. Vol.1., No.1.

Hurlock, E.B, 1980. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi Kelima. Erlangga, Jakarta.

Janah, M.R, 2013. Hubungan Antara Citra Merek Suzuki Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Dealer Sumber Ayu Mobil Purwokerto, Jurnal Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Kesehatan : Universitas Sahid Surakarta Vol. II, No. 2.

Kusumayasari, Kumadji,S, & Kusumawati,A, 2014. engaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Green Produk (Survey pada Konsumen Martha Tilaar yang Tergabung dalam Followers Official Account Twitter @Sariayu_MT), Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi : Universitas Brawijata Malang.Vol. 14 No. 1.

Lintang,A, Yaningwati,F, & Wilopo, 2013. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pelanggan Monopoli Resto dan Cafe Jalan Merbabu Kota Malang). Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi : Universitas Brawijaya.

Nurfitriani,A, Wijanarko,B, & Priyatama,A.N, 2012. Hubungan Antara Citra Merek dan Loyalitas Merek Dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Body Lotion Pada Mahasiswi Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Universitas Sebelas Maret Surakarta: Fakultas Kedokteran.

Raharja,S.W, Arifin,Z, Wilopo, 2013. Pengaruh Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Membeli (Study Pada PT. Winnertech Lintas Nusa). Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi : Universitas Brawijaya.

Sangadji,E.M., Sopiah, 2013. Perilaku Konsumen :Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitan. C.V Andi Offset, Yogyakarta.

Santrock,J.W, 2003.Adolescence : Perkembangan Remaja. Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

___________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31289/diversita.v3i1.1175

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.