Perbedaan Penerimaan Diri Ibu yang Memiliki Anak Tunagrahita ditinjau dari Tingkat Pendidikan di SLB-E PTP Medan


Eryanti Novita(1*),


(1) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan penerimaan diri ibu yang memiliki anak tunagrahita ditinjau dari tingkat pendidikan, dimana subjek penelitian adalah ibu dari anak tunagrahita di SLB-E PTP yang berjumlah 60 orang. Dimana 30 ibu berpendidikan SMA, dan 30 ibu berpendidikan Sarjana.Sejalan dengan pembahasan yang ada dalam landasan teori, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi: Ada perbedaan penerimaan diri ibu yang memiliki anak tunagrahita ditinjau dari tingkat pendidikan  Dalam t-test. upaya membuktikan hipotesis tersebut, digunakan metode analisis data t dimana berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil-hasil sebagai berikut: a). terdapat perbedaan penerimaan diri antara ibu dengan tingkat pendidikan sarjana danibu dengan tingkat pendidikan SMA yang signifikan dengan signifikan p = 0.000 < 0,050. Artinya adanya perbedaan penerimaan diri antara ibu dengan tingkat pendidikan sarjana dan ibu dengan tingkat pendidikan SMA, dinyatakan diterima. b). Secara umum hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerimaan diri ibu dengan tingkat pendidikan Sarjana lebih tinggi dibandingkan Penerimaan diri ibu dengan tingkat pendidikan SMA. Penerimaan diri ibu dengan tingkat pendidikan sarjana mean empiriknya adalah 155.10 dan Penerimaan diri ibu dengan tingkat pendidikan SMA mean empiriknya adalah 138.53, sedangkan nilai rata-rata hipotetiknya sebesar = 127.5

Keywords


Penerimaan Diri, Tuna Grahita, Tingkat Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Amin M.D. 2000. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: PT New Aqua Press

Arikunto S, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Bratanata, S.A. 2001. Pengertian-pengertian Dasar dalam Pendidikan Luar Biasa, Jakarta: Depdikbud.

Delphie, B. 2009. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusif. Kaltenn: PT. Intan sejati

Dzulfadli, Y. 2007. Cinta Yang Utuh. Mizan: Bandung.

Fuad, I. 2003. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta Fuad.

Hadi, S. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Haditono, S. R. 2006. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hurlock, E. 2004. Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

Ihsan, F. 2003, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta Fuad

Johnson,&. Medinnus. G. 2000. Child Psychology Behavior dan Development Six Edition. United States of America: John Wiley dan Sons, Inc.

Kubler. R. 2008. On Life After Death Revised. USA : Celestial Arts.

Mangungsong, F. 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid I. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3), Depok.

____________________. 2011. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid Ke dua. Jakarta: LPSP3 UI

Mahabati, A. 2009. Penerimaan dan Kesiapan Pola Asuh Ibu Terhadap Anak BerkebutuhanKhusus. Jurnal pendidikan. 5 (2).

Munzayanah. 2000. Tunagrahita. Surakarta: Depdikbud UNS.

Murtadlo. 2006. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa Tunagrahita Dalam Membaca Dan Menullis Melalui Pendekatan Kooperatif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal. 2 (2)

Novira, F. 2016. Penerimaan Diri Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. eJournal Psikologi. 4(4)

Nidar, A. 2008. Dinamika Penerimaan Ibu Terhadap Anak Tuna Grahita. Skripsi. Fakultas Psikologi. Uin Syarif Hidayatullah. Jakarta

Payne, J, & Jones, D. 1981. Mental Retardation. Columbus: A Bell and Howell Company

Sako, W. R. 2006. Hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan orang tua tunagrahita dengan sikap penerimaan orang tua terhadap anak di SDLB (C) tunagrahita YPPLB Cendrawasih Makassar. Program Studi IlmuKeperawatan Makassar.

Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). (Penerj. Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana.

Singgih D, G. 2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta ; BPK Gunung Mulia.

Somantri, S. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: Rafika Aditama.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND.Bandung: Alfabeta

Wardhani, M.K., Rahayu, M.S., Rosiana, D. 2012. Hubungan Antara “Personal Adjustment” Dengan Penerimaan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di RSUD X. Prosiding. Sosial, Ekonomi, Humaniora. Universitas Islam Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31289/diversita.v3i1.1180

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.