Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Menyontek pada Siswa YP Mts. Al-Azhar Medan


Nafeesa Nafeesa(1*),


(1) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji dan mendapatkan data secara empiris mengenai hubungan kontrol diri dengan perilaku menyontek pada siswa. Sejalan dengan landasan teori, maka diajukan hipotesa yang berbunyi ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku menyontek. Dimana semakin tinggi kontrol diri siswa, maka semakin rendah perilaku menyontek. Penelitan ini melibatkan 187 siswa YP MTs Al-Azhar Medan sebagai subjek penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen skala likert untuk skala kontrol diri dan skala perilaku menyontek. Skala kontrol diri disusun berdasarkan aspek-aspek menurut Averil, 1973 yaitu: kontrol perilaku, kontrol kognitif, dan kontrol keputusan. Skala perilaku menyontek disusun berdasarkan bentuk-bentuk menurut Klausmeier, 1985 yaitu: menggunakan catatan jawaban sewaktu ujian atau tes, menyontoh jawaban sewaktu ujian, memberikan jawaban yang telah selesai kepada teman, dan menghindar dari aturan-aturan ujian. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku menyontek. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi, dimana rxy = - 0.222; p = 0.002 < 0.05. Nilai koefisien determinasi (R square) penelitian dengan nilai sebesar 0.049. Dapat diartikan bahwa variabel kontrol diri mempengaruhi perilaku menyontek sebesar 4.9%. Dari hasil perhitungan mean hipotetik dan mean empirik diperoleh kontrol diri tinggi dan perilaku menyontek rendah.


Keywords


Kontrol Diri; Perilaku Menyontek

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dalam Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aliya, N.A., & Iranita, H.M. 2011. Hubungan antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Unversitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur, 1 (2), 65-71.

Atik, H.U. 2014. Hubungan antara Efikasi Diri & Religiusitas dengan Intensi Perilaku Menyontek pada Siswa di MTS Mazra’atul Ulum-Paciran. Skripsi

Azwar, S. 2014. Reliabilitas dan Validitas (edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin. 2011. Kamus Lengap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Dep. Pend. Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1990. Balai Pustaka: Jakarta

Ghufron & Risnawita. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group

Hartanto, D. 2012. Mengatasi Masalah Menyontek. Yogyakarta: Indeks Jakarta.

Arifin , H.M. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, E.B. 1990. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kiki, N., & Hadjam, M. 2015. Hubungan antara Berpikir Positif dan Perilaku Menyontek pada Siswa Kelas X SMK Koperasi Yogyakarta. Jurnal Fakultas Psikologi: EMPHATY, 3 (1), 8-15.

Melati, R, & Widjaja, A. 2007. Pengaruh Kontrol Diri terhadap Pembelian Impulsif pada Remaja Awal. Jurnal Ilmiah Psikologi Industri dan Organisasi Phronesis, 9 (2), 115-133.

Musslifah, A.R. 2012. Perilaku Menyontek Siswa Ditinjau dari Kecenderungan Locus Of Control. Talenta Psikologi, 1 (2), 137-150.

Muslifah F. 2013. Hubungan antara Kontrol Diri dengan Intensi Perilaku Menyontek pada Siswa SMP Negeri 1 Prambanan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 3 Tahun 2013

Mujahidah. 2009. Perilaku Menyontek Laki-Laki dan Perempuan: Studi Meta Analisis. Jurnal psikologi, 2 (2), 177-199.

Pudjiastuti. 2012. Hubungan Self efficacy dengan Perilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi. MIMBAR, Vol 28 No 1, 103-112.

Risaniatin, N., & Herlan, P. 2012. Konsep diri, Kematangan Emosi dan Kecenderungan Menyontek. Jurnal Pikologi, 7 (2), 594-604.

Samiroh & Sidai, I.M. 2015. Hubungan antara Konsep Diri Akademik dan Perilaku Menyontek pada Siswa-siswi MAS Simbangjulon Buaran Pekalongan. Jurnal Psikologi Islam: PSIKIS, 1 (2), 67-77.

Santrock, J.W. 2007. Adolescence : Perkembangan Remaja. (Alih bahasa : Shinto B Adheler dan Sherly Saragih). Jakarta : Erlangga

Sari D. Y.N. 2012. Hubungan antara Self Control dengan Internet Addiction pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 1 (1), 25-30.

Setyani, U. 2007. Hubungan antara Konsep Diri dengan Intensi Menyontek pada siswa SMA Negeri 2 Semarang. Skripsi. Fakultas kedokteran Program Studi Psikologi Universitas Diponegoro, Semarang. Tidak diterbitkan.

Soekidjo N. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Smet, B. 1994. Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo.

Zakiah D. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31289/diversita.v3i1.1181

Article Metrics

Abstract view : 336 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.