Perbedaan Keterampilan Mengajar Ditinjau dari Gaya Kepemimpinan di Kelas pada Guru SMAN 11 Medan

diny Atrizka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan mengajar ditinjau dari gaya kepemimpinan guru di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian komparasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMA Negeri 11 Medan. Teknik sampling yang dipakai dalam penelitian adalah incidental sampling dengan jumlah subjek sebanyak 39 orang guru. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah skala keterampilan mengajar, observasi terhadap keterampilan mengajar, dan skala gaya kepemimpinan. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis varians One Way Anova. Hasil penelitian dengan metode pengumpulan data melalui skala keterampilan mengajar menunjukkan  bahwa tidak terdapat perbedaan keterampilan mengajar ditinjau dari gaya kepemimpinan guru di kelas (F=0,910; p>0,05). Hasil penelitian dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi keterampilan mengajar menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan dalam keterampilan mengajar ditinjau dari gaya kepemimpinan guru di kelas. Gaya kepemimpinan otoritatif dan demokratis lebih baik keterampilan mengajarnya daripada gaya kepemimpinan otokratis dan bebas (F=13,293; p<0,05; F=12,608; p<0,05).


Keywords


Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Guru di Kelas, Keterampilan Mengajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anoraga, P. (2001). Psikologi Kepemimpinan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Azwar, S. (2004). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2005). Tes Prestasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Danim, S. (1997). Metode Penelitian untuk Ilmu-ilmu Perilaku. Jakarta : Bumi Aksara

Djiwandono, S. E. W. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Grasindo

Hadi, S. (2000). Metodologi Research (Jilid 1,2,3,4). Yogyakarta : Penerbit Andi

Hogg, M. A. & Vaughan, G. M. (2002). Social Psychology : Fourth Edition. New York : Mc Graw Hill

Hughes, R. L., Ginnett, R. C. & Curphy, G. J. (2006). Leadership – Enhancing the Lessons of Experience : Fifth Edition. New York : Mc Graw Hill

Jewell, L. N. (1998). Contemporary Industrial/Organization Psychology : Third Edition. USA : Brooks/Cole Publishing Company

Mulyasa. (2007). Pengaruh faktor Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Fasilitas Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Binangun Kabupaten Cilacap. Diakses 10 Oktober 2008

Priyatno, D. (2008). Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product and Service Solution) untuk Analisa Data & Uji Statistik. Yogyakarta : MediaKom

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Santrock, J. W. (2004). Educational Psychology : Second Edition. New York : Mc Graw Hill

Sugiarto., Siagian, D., Sunaryanto, L. T. & Oetomo, D. S. (2003). Teknik Sampling. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Supratiknya, A. (2000). Statistik Psikologi. Jakarta : PT Grasindo

Surjana, A. (2004). Hubungan antara Motivasi Guru dan Gaya Kepemimpinan Guru terhadap Efektivitas Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan Penabur-No.02/Th.III/Maret2004. Diakses : 11 Agustus 2008

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Uno, H. B. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/diversita.v4i1.1598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.