Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Demonstrasi Di PAUD Binika Desa Sukaramai Kab. Langkat

nurmaniah nurmaniah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode demonstrasi di PAUD Binika Desa Sukaramai Kab. Langkat. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Binika Desa Sukaramai Kab. Langkat, yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi perkembangan kepercayaan diriĀ  anakdengan indikator sebagai berikut: bersikap tenang, konsep diri, optimis, mampu menyesuaikan diri, kreatif, bersosialisasi. Hasil observasi dan refleksi pada siklus I menunjukkan dari hasil penlitian terdapat anak sebanyak 5 orang anak (25%) bersikap tenang, 7 orang anak (35%) konsep diri, 5 orang anak (25%) optimis8 orang anak (40%) mampu menyesuaikan diri, 7 orang anak (35%) kreatif , 6 orang anak (30%) bersosialisasi. Pada siklus II terdapat sebanyak 7 orang anak (35%) tergolong sangat percaya diri, sedangkan banyaknya anak yang tergolong percaya diri meningkat menjadi 5 orang anak (25%), sedangkan anak yang tergolong cukup percaya diri menurun atau berkurang menjadi 3 orang anak (15%) dan dan tidak ditemukan lagi anak yang tergolong tidak percaya diri.


Keywords


Kata Kunci: Kepercayaan diri anak, metode demonstrasi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. Dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:Yrama Widya

Dewi, Rosmala. (2010). Profesionalisasi Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Medan:Pasca Sarjana Unimed.

Bahri, Zain. Dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Faizi. (2012). Mendidik Anak Ala Pendidikan Orang Hebat.Jogjakarta : Flashbook

Lie Anita. (2003). 101 Cara Menumbuhkan Rasa Kepercayaan Diri

Hakim. T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta. Puspa Swara.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang standar Pendidikan Anak Usia Dini

Roestiyah. (2012) strategi belajar mengajar.Jakarta : Rineka cipta

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Saleh, Samsudar. (2004). Statistik Deskriptif. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Metode Demonstrasi Martiningsih (2007). (online) dalam http://martiningsih.blogspot.com/2007/12/macam-macam-metode-pembelajaran.html

Muhibbin Syah. (2010). (online) dalam http://muhibbinsyah education-mantap.blogspot.com/2010/05/metode-demonstrasi.html




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/diversita.v4i1.1601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.