Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Tunggal (Ibu) Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa di Pondok - Pesantren Mawaridussalam

Nini Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dukungan orang tua tunggal (ibu) dengan motivasi belajar pada siswa di Pondok-Pesantren Mawaridussalam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII sampai IX yang memiliki orang tua tunggal Ibu yang berjumlah 51 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Alat ukur yang di gunakan yaitu skala dukungan orang tua tunggal (ibu)dan skala motivasi belajar. Analisis data menggunakan teknik korelasi (rxy) sebesar 0.495 dengan p = 0,000 < 0,005, artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan orang tua tunggal (ibu) dengan motivasi belajar siswa, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan yang diberikan oleh orang tua tunggal (ibu) maka semakin tinggi Motivasi belajarnya. Dukungan orang tua tunggal(ibu) dalam penelitian ini tergolong tinggi karena (mean empirik 108,47 > mean hipotetik = 85 dimana selisihnya melebihi bilangan SD = 10.906). Dan motivasi belajar juga tergolong tinggi, karena (mean empirik= 85,75.> mean hipotetik = 72,5 dimana selisihnya melebihi bilangan SD = 5,824). Adapun koefisien determinasi dari korelasi tersebut sebesar R2 = 0,245 artinya dukungan orang tua tunggal (ibu)memberikan sumbangan efektif terhadap motivasi belajar sebesar 24,5%. Hasil penelitian ini sesuai hipotesis dengan hasil penelitian di lapangan.


Keywords


Kata Kunci : Dukungan Orangtua Tunggal, Orang Tua Tunggal, Ibu, Dan Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Dhania, Rama, Dhini & Maulida, Rochmah, Siti, 2012, Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Berwirausaha Pada Siswa Smk .Jurnal Psikologi Undip Vol. 11, No.2.

Djamara.Syaiful, Bahri, 2011. Psikologi Belajar. Edisi Revisi, Cetakan 3, Jakarta. Rineka Cipta.

Haryono, Bagus. 2003. Sosiologi Keluarga. Jurnal Sosiologi. Surakarta.

Hurlock, 1980. Psikologi Perkembangan.Edisi Lima. Jakarta . Erlangga

Newby , Alison, & Fernandez, 2010, Family Support And Pregnancy Behavior Among Women In Two Border Mexican Cities, Vol, 2, No. 43.

Pujawati, Zulva, 2016, Hubungan Kontrol Diri Dan Dukungan Orang Tua Dan Perilaku Disiplin Pada Santri Di Pondok Pesantren Darussa’adah Samarinda, Issn 24772674,Ejournal.Psikologi.Fisip Unmul.Org, Volume 4, Nomor 2,: 227-236.

Sardirman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta Bandung

Wahaningsih, Masiatun, 2013, Hubungan Antara Religiusitas, Konsep Diri, Dan Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Smp Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta,. Vol 1, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/diversita.v4i1.1604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.