Modelling Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Anak Dengan Intellectual Disability

Rosalina Citra Kasih(1*),


(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan interaksi sosial anak dengan cara modelling Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Asesmen yang digunakan yaitu tes Binet  dan penelitian ini dilakukan dengan bentuk single case. Diagnosis subjek adalah intellectual disability. Subjek penelitian yang terlibat bernama Budi (nama samaran) berusia 9 tahun dan berjenis kelamin laki-laki memiliki permasalahan interaksi sosial dengan lingkungan sekitarnya yang buruk seperti tidak adanya interaksi dengan tetangga dan teman sebaya. Intervensi yang digunakan adalah dengan pendekatan behavioristik yaitu teknik modelling yang dilakukan dengan 5 sesi, yaitu: (1) Membangun Komitmen (2) Modelling dan Role Play menyapa (3) Modelling dan Role Play bertanya (4) Modelling dan Role Play meminta sesuatu (5) Evaluasi dan Terminasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam interaksi sosial subjek sehingga intervensi dengan teknik modelling memberikan dampak yang positif seperti menyapa tetangga dan teman sebaya dan berani untuk membeli sesuatu di warung.

Keywords


Modelling; Disabilitas Intelektual; Interaksi Sosial

Full Text:

PDF

References


Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Ponseling dan Psikoterapi.Bandung: Refika Aditama.

Davison, G. C, Neale, J. M & Kring, A. M. (2002).Abnormal Psychology. California: John Wiley and Sons, Inc.

Gunarsa, S. D. (2000). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.

Gresham, F. M., & MacMillan, D. L. (1997).Social Competence and Affective Characteristics of Students with Mild Disabilities. Review of Educational Research, 67(4), 377-415.

Latipun. (2006). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Mangunsong, Frieda. (2009). Psikologi danPendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (JilidKesatu). Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi.

Neely-Barnes, S. L., & Dia, D. A. (2008).Families of children with disabilities: A review of literature and recommendations for interventions.

Santrock. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa-Hidup. Jakarta: Erlangga.

Walsh, P.N. (2008). Health Indicators and Intellectual Disability.USA: Psychiatry, 7 (2) 474–478.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/diversita.v5i1.2372

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.