Hubungan Antara Persepsi Kualitas Pelayanan dengan Iklim Organisasi pada Karyawan


Christopher Christopher(1*), Sri Linda Barus(2), Rianda Elvinawanty(3),


(1) Universitas Prima Indonesia
(2) Universitas Prima Indonesia
(3) Universitas Prima Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Iklim Organisasi dengan Persepsi Kualitas Pelayanan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Java Global Futures Medan sebanyak 92 orang yang menggunakan teknik sampling jenuh. Data diperoleh dari skala untuk mengukur iklim organisasi dan persepsi kualitas pelayanan. Perhitungan dilakukan dengan melalui uji prasyarat analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Product Moment (Pearson Correlation) dengan bantuan SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi r = 0.604, dan nilai signifikansi p = 0.000 (p < 0.05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara iklim organisasi dengan persepsi kualitas pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variabel iklim organisasi terhadap variabel persepsi kualitas pelayanan adalah sebesar 35,6 persen, selebihnya 64,4 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima.


Keywords


Karyawan, Persepsi Kualitas Pelayanan; Iklim Organisasi.

Full Text:

PDF

References


Akbaba, A. 2006. Measuring Service Quality in The Hotel Industry: A Study in A Business Hotel in Turkey.

Azwar, S. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Bates, G. & Hoffman, D. 1999. Managing Services Marketing: Text and Readings. Orlando: The Dryden Press Harcourt Brace College Publisher

Davis & Newstorm. 2000. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Eiteman, Stonehill, & Moffett. 2004. Manajemen Keuangan Multinasional Edisi kesebelas Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Fanya, L. M., & Mardika, Z. K. 2016. Iklim Organisasi dan Kualitas Pelayanan Pada Perawat Instalasi Rawat Inap Rsud X Semarang. Jurnal Empati, Januari 2016, Volume 3(1), 103-107.

Jatengtribunnews. 2011. Ribuan Orang Tertipu Perusahaan Money Trading PT BSS. Diakses pada tanggal 20 September 2018 dari http://jateng.tribunnews.com/2011/05/10/ribuan-orang-tertipu-perusahaan-money-trading-pt-bss

Khan, R. A., & Miah, M. K. 2014. Effects of Organizational Climate on Employee Service Quality in Foreign Tobacco Company of Bangladesh. IBT Journal of Business Studies (Formerly Journal of Management & Social Sciences) Vol. 10, No. 2, (Fall 2014) 1-15.

Lila, R. 2002. Iklim Organisasi dan Budaya Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Priyatno, D. (2011). Buku skala analisis statistik SPSS. Jakarta : Abadi.

Rahmadany. 2005. Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan pada PTS di Kalimantan Selatan. Ekuilibrium Vol.9 No.3 September 2 005: 307 – 323.

Situmorang, Manihar. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit: Rajagrapindo Persada

Stringer, R. 2002. Leadership and Organization Climate. New Jersey: Prentice Hall.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumayang, L. 2003. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat

Usmara, U. 2008. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books.

Wang, G. L., Lee, Y. J., & Cheng, S. F. 2016. The Impact of Organizational Climate, Service Quality and customer Satisfaction on Organizational Performance: a Case of International Tourist Hotel Industry in Taipei City. International Journal of Business and Management Invention, ISSN (Online): 2315 – 3828, ISSN (Print): 2315 – 380X, Volume 5.

Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.31289/diversita.v6i1.3708

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.