Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan terhadap Kinerja Ruas Jalan

Yudi Sanjaya, Kamaluddin Lubis, Marwan Lubis

Abstract


Perilaku pergerakan arus lalu lintas pada suatu ruas jalan dan kemampuan ruas jalan tersebut dalam menampung arus lalu lintas perlu mendapat perhatian khusus bagi perencana jalan, karena akan menyangkut kualitas dan kuantitas pelayanan dari system jaringan jalan yang lebih luas. Karakteristik arus lalu lintas puncak pada pagi hari dan sore hari, secara umum lebih tinggi dan terdapat perubahan komposisi lalu lintas (dengan persentase kenderaan pribadi dan sepeda motor yang lebih tinggi, dan persentase truk berat yang lebih rendah dalam arus lalu lintas). Masalah yang dihadapi daerah kota Medan, juga kota-kota besar dimanapun bukan hanya masalah sosial yang bermacam bentuknya, tetapi juga adalah persoalan lalu lintas yang dihadapi sehari-hari. Persoalan ini bukan masalah tersendiri, karena didalamnya terkandung juga faktor manusia, ekonomi, sarana dan prasarana serta berbagai faktor lainnya yang ada. Untuk mendapatkan volume lalu lintas dalam satuan mobil penumpang (smp), maka data jumlah kendaraan tiap 15 (lima belas) menit yang diperoleh dari hasil survey dikalikan dengan faktor ekivalensi smp untuk tiap jenis kendaraan dan kemudian menjumlahkan nya, maka diperoleh volume lalu lintas total untuk tiap lima belas menit an. Pada analisis ini dilakukan perhitungan volume lalu lintas total tanpa kendaraan tidak bermotor dan volume lalu lintas total termasuk kendaraan tidak bermotor.

Keywords


Hubungan Volume, Kecepatan, Kepadatan, Kinerja Ruas Jalan

Full Text:

PDF

References


A Wohl, M., and martin, B.V. (1967) Traffic System Analysis For Engineers and Planner. Mcgraw Hill, New York.

Salter, R.J. (1976) Highway Traffic Analysis and Design. Mac Millan Press Ltd, London.

Pignataro, LJ. (1973) Traffic Engineering Theory and Practice.Prentice Hall, Inc.

Highway Research Board (1985).Highway Capacity Manual. National Research Council, Washington DC.

Hoobs, F.D. (1979) Traffic Planning and Engineering Practice, Pergamon Press Ltd.

Breiman, L. (1969) Space-Time Relationship in One way Traffic Flow. Transport Research.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JCEBT: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING, BUILDING AND TRANSPORTATION
Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jcebt dan Email: jcebt@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License