ANALISIS KINERJA TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERDASARKAN FITUR ALAMI DALAM TARGET GAMBAR


Liyana Faiza(1*), Suryo Adhi Wibowo(2), Gelar Budiman(3),


(1) Telkom University
(2) Telkom University
(3) Telkom University
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin dikembangkan secara inovatif dan kreatif. Salah satunya adalah Augmented Realty (AR). AR merupakan terobosan teknologi yang dapat memunculkan objek virtual ke dalam dunia nyata. AR terus dikembangkan dengan menggunakan metode markerless, saat ini AR ini tidak lagi menggunakan penada khusus hitam berlatar putih. AR dapat diterapkan di berbagi bidang contohnya di bidang industri film. Penelitian ini berfokus dalam menganalisis kinerja AR dengan metode Natural Fetaure Tracking berbasis FAST Corner Detection dan Vuforia sebagai software enginenya yang diimplementasikan pada android, sehingga pengguna dapat memindai suatu target berupa gambar poster film untuk mendapatkan informasi berupa video trailer. Untuk menganalisis kinerja teknologi AR tersebut, maka dilakukan pengujian dengan parameter berupa jarak, sudut kamera, ukuran target, dan kondisi target dengan membandingkan akurasi jumlah kecocokan keypoints yang terdeteksi. Sistem berhasil diimplementasikan dengan hasil akurasi sistem sebesar 79% dan akurasi keypoints sebesar 42% berdasarkan pengujian kondisi target.

Keywords


Augemented Reality, Natural Feature Tracking, FAST Corner Detection, Keypoints, Target Gambar

Full Text:

PDF3

References


A. Çelik et al., “Developing of Interactive Multimedia for the Study of Cinematography,” J. Mater. Process. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2018

K. Teguh Martono, “Augmented Reality sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer,” J. Sist. Komput., vol. 1, no. 2, pp. 60–64, 2011, doi: 10.14710/JSK.V1I2.13

Y. Dianrizkita, H. Seruni, and H. Agung, “Analisa Perbandingan Metode Marker Based Dan Markless Augmented Reality Pada Bangun Ruang,” J. Simantec, vol. 6, no. 3, pp. 121–128, 2018

K. Koniarski, “Augmented reality using optical flow,” Proc. 2015 Fed. Conf. Comput. Sci. Inf. Syst. FedCSIS 2015, vol. 5, pp. 841–847, 2015, doi: 10.15439/2015F202

A. I. Asry, “Penerapan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking pada maket rumah virtual,” Ainet J. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 52–58, 2019, doi: 10.26618/ainet.v1i2.2294

R. Setyadi and I. Ranggadara, “Augmented reality using features accelerated segment test for property catalogue,” Telkomnika (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 18, no. 1, pp. 140–147, 2020, doi: 10.12928/TELKOMNIKA.v18i1.13039

N. G. Babak and A. F. Kryukov, “Mobile Application for Visualization of the Advertising Booklet Using Augmented Reality,” 2018 4th Int. Conf. Inf. Technol. Eng. Educ. Inforino 2018 - Proc., pp. 1–4, 2018, doi: 10.1109/INFORINO.2018.8581841

J. Emspak, “What is Augmented Reality?,” 2018. diunduh di https://www.livescience.com/34843-augmented-reality.html tanggal 19 Februari 2020

U. D. Arni, “Cara Kerja Markerless Augmented Reality,” Garuda Cyber Indonesia, 2018. Diunduh di https://garudacyber.co.id/artikel/1393-cara-kerja-markerless-augmented-reality tangal 26 Februari 2020

Rosten, E, ”FAST Corner Detction, People who Use FAST". diunduh di http://www.edwardrosten.com/work/fast.html tanggal 27 Februari 2020

S. Sendari, A. Firmansah, and Aripriharta, “Performance analysis of augmented reality based on vuforia using 3d marker detection,” 4th Int. Conf. Vocat. Educ. Training, ICOVET 2020, pp. 294–298, 2020, doi: 10.1109/ICOVET50258.2020.9230276.




DOI: https://doi.org/10.31289/jesce.v5i1.4919

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF3 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JESCE (JOURNAL OF ELECTRICAL AND SYSTEM CONTROL ENGINEERING)
Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Tenik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jesce dan Email: jesce@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License