Analisis Strategi Pemasaran Jasa Percetakan dengan Menggunakan Metode SWOT dan Analyitc Hierarchy Process


Andika Pratama(1*),


(1) Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author

Abstract


Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Mulawarman didirikan untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan usaha di Universitas Mulawarman, baik kegiatan usaha berbasis akademik maupun non akademik, ditingkat Universitas maupun tingkat fakultas atau unit lainnya. M-PRINTING merupakan salah satu usaha percetakan yang diluncurkan oleh BPU Universitas Mulawarman dan posisi yang sangat strategis karena terletak di kawasan Universitas Mulawarman. Permasalahan yang terjadi di M-PRINTING yaitu captive market yang belummaksimal dan pesaing-pesaing yang sudah lama berada diusaha percetakan. Oleh karena itu diperlukan adanya strategi pemasaran yang dapat memecahkan masalah tersebut. Dalam menentukan prioritas strategi pemasaran diperlukan pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini menggunakan metode SWOT dan AHP untuk mengetahui strategi yang paling tepat digunakan pada M-Printing. Hasil dari penelitian, diperoleh bobot skor IFE sebesar 2,239 sedangkan pada matrik EFE diperoleh bobot skor sebesar 3,054. Dari bobot bskor yang telah diperoleh, M-Printing bisa melaksanakan strategi tumbuh dan Berkembang. Dari formulasi matrik SWOT didapatkan delapan alternatif yang akan ditentukan bobot prioritas menggunakan AHP. Hasil perhitungan AHP didapatkan alternatif strategi yaitu menambah inovasi produk baru yaitu cetak security print dan watermax tinta silver.


Keywords


StrategiPemasaran, M-PRINTING, SWOT, Analytical Hierarchy Process (AHP).

Full Text:

PDF

References


Affandy, Moh Rizki., (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Perhiasan Imitasi Dengan Metode Analisis Swot Dan Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : Ud. Aqila), Jurnal MATRIK p-ISSN : 1693-5128 Volume XVIII No.1.

David, F .R. (2012). Strategic Management: Manajemen Strategis Konsep. Salemba Empat, Bandung

Hardiyansyah, A., dkk., (2015), Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mie Basah (Studi Kasus Di Pd. Lugina - Garut). Jurnal Kalibrasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut, vol. 13, no. 1.

Rahma Sari, F, dan Indra Sensue., (2008). Penerapan Metode Analytic Hierarchy Process Dalam Sistem Penunjang Keputusan Untuk Pemilihan Asuransi, Jurnal Sistem Informasi MTI-UI, vol. 4, no. 2. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rahman, N.T., (2011). Analysis of Indonesia Agro industry Competitiveenessin

Nanoteknology Development Perspective Using SWOT AHP method. International Journal of business and manajement. 6(8).

Rangkuti, Freddy., 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rohmatulloh, R., & Winarni, S. (2012). Evaluasi Prioritas Strategi SWOT dengan

Analytical Hierarchy Process. Seminar Nasional Statistika III Universitas Pandjajaran, 3, 1–8.

Saediman, H., Limi, M. A., & Indarsyih, Y. (2015). Aplikasi SWOT-AHP Untuk Menganalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Komoditas Padi Sawah Di Provinsi Sulawesi Tenggara, 415–426.

Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi, Cetakan Kesatu. Refika Aditama, Bandung.

Yuniarti, Y, dan Mauliana, S., (2012), Strategi Pemasaran Produk Digital Printing Pada CV. Fnb Digital Jambi, Jurnal Ilmiah Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jambi, vol. 1, no. 1.




DOI: https://doi.org/10.31289/jime.v4i1.2972

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Teknik Indusri, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jimedan Email: jime@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License