Analisis Strategis Keutungan dan Market Share PT. SMF di e-lelang Pemerintah Indonesia menggunakan Analisis BCG, SWOT, dan KANO


Bellania Wiras Widyandaru(1*),


(1) Departemen Manajemen Teknologi Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi Institute Teknologi Sepuluh Nopember
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam waktu beberapa tahun belakangan, beberapa negara telah berkembang secara agresif di semua wilayah. Indonesia adalah salah satu negara yang mengejar ketinggalan dengan pembangunan infrastruktur. Keberadaan program pembangunan infrastruktur dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari tahun ke tahun selama 5 tahun terakhir, antara lain dialokasikan untuk pembangunan. Pendanaan APBN terus meningkat, sehingga meningkatkan kebutuhan untuk menyediakan barang dan jasa perusahaan untuk memenuhi tuntutan pembangunan infrastruktur. Perusahaan harus mendaftarkan perusahaan mereka sebelum berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa secara online. PT. SMF adalah salah satu perusahaan yang terlibat dalam pengadaan barang dan jasa yang bersertifikasi Mekanikal dan Elektrikal dengan kualifikasi Besar. Berdasarkan fenomena yang telah dijelaskan, kami akan menyajikan strategi terbaik untuk dapat mencapai tujuan dari visi manajemen perusahaan dalam hal keuntungan, pangsa pasar, pertumbuhan dalam mengikuti sistem pengadaan barang dan jasa online pemerintah (SPSE) di lingkungan K / L / D / I (Kementerian / Organisasi / Wilayah / Lembaga). Strategi yang ditampilkan dalam bentuk analis dengan tiga metode, BCG, SWOT dan KANO dan hasilnya sudah dikonfirmasi dengan baik.


Keywords


e-lelang, BCG, SWOT, KANO

Full Text:

PDF1

References


Al-Hawary, Sulieman Ibraheem Shelash dan Ahmad Mousa Al-Hamwan. (2017). “Environmental Analysis and its Impact on the Competitive Capabilities of the Commercial Banks Operating in Jordan”. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, Vol. 7, No.1.

Arafat, Wilson. (2005). “The Real Power of Marketing Audit”, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

A. S. Dunk. (2007). “Assessing the Effects of Product Quality and Environmental Management Accounting on the Competitive Advantage of Firms”. Australasian Accounting, Business and Finance Journal, 1(1).

Hakkak, Mohammad dan Masoud Ghodsi. (2015). “Development of A Sustainable Competitive Advantage Model Based on Balanced Scorecard”. International Journal of Asian Social Science.

Hisrich, Robert D., Michael P. Peters, dan Dean A. Shepperd. (2008). “Entrepreneurship: Kewirausahaan”. Edisi ketujuh. Jakarta: PT Salemba Empat.

Hoffman, Nicole P., (2000). “An Examination of the Sustainable Competitive Advantage Concept: Past, Present, and Future”. Academy of Marketing Science Review. Volume 2000 No. 4.

Huda, M. Dan M. Agung Wibowo. (2013). “Strategies, performance, sustainability and competitiveness model: Small and medium construction services industries in Indonesia”. World Applied Sciences Journal 25(8):1186-1196.

Kotler, Philip. (2005). “Manajemen pemasaran. Buku 1”. Edisi kesebelas. Alih Bahasa: Drs. Benjamin Molan. Jakarta: PT Prenhallindo.

Mathi, Kavindra. (2003). “Key Success Factors for Knowledge Management”. Master Thesis, MBA: International Business Management & Consulting. Internationales Hochschulinstitut Lindau, University of Applied Sciences/ Fh Kempten, Germany; December 2004.

McGonagle, John J. and Carolyn M. Vella. (2012). “Proactive Intelligence: The Successful Executive's Guide to Intelligence”. London: Springer-Verlag.

Moleong, Lexy J. (2007). “Metodologi Penelitian Kualitatit”, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Offset.

Mora, Pierre. (2007). “Key Success Factors in Today’s Wine Sector”. International Journal of Case Method Research & Application, Vol. XIX, No. 1, pp. 25-33.

Mühlbacher, Hans, Helmuth Leihs, and Lee Dahringer. (2006). “International Marketing: A Global Perspective”. Third edition. London: Thomson Learning.

Pearce II, John A. dan Richard Robinson. (2008). “Manajemen stretegis: Formulai, Implementasi, dan Pengendalian”. Buku satu. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. (2005). “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gatignon, H & Jean – Marc X. 1997. “Strategic Orientation of The Firm and new Product Performance”. Journal of Marketing Research. Pp.77-79.

Gray, B.J., Matear, S. & Matheson, P.K. 2002. “Improving Service Firm Performance”. Journal of Service Marketing. Vol. 16. No. 3. Pp.186-200.

Henard, D.H. & Szymanski. 2001. “Why Some New Products are More Successful Than Others”. Journal of Marketing Research. Vol. 38.

Hadiyati,E. 2011. “Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.13. No. 1. 8-16.

Hills, Gerald. 2008. “Marketing and Entrepreneur-ship, Research Ideas and Opportunities”, Journal of Small and Medium Entrepreneurships, page:27-39.

Lee, J.S & Chia J.H. 2009. “A Research in Relating Entrepreneurship, Marketing Capability, Innovative Capability and Sustained Competitive Advantage”. Journal of Business & Economics Research. Vol 8. No. 9.




DOI: https://doi.org/10.31289/jime.v4i1.3359

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF1 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Teknik Indusri, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jimedan Email: jime@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License