Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Tahu Menggunakan Metode Analisa SWOT Dan ANP Di UD. Tahu DK 16


Erni Yusnita(1), Muhammad Fadli(2),


(1) Institut Teknologi Medan
(2) Institut Teknologi Medan

Abstract


UD.Tahu Dk 16 merupakan sebuah usaha home industry yang memproduksi tahu seperti tahu goreng dan tahu sumedang, usaha UD.Tahu Dk 16 terletak di jalan Batang Kuis, Desa Bakaran Batu Dusun III No. 100, Sumatera Utara.Pada dasarnya setiap perusahaan harus memiliki yang tepat dalam menjalankan setiap kegiatan usaha agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan atau dicapai, begitu juga dengan usaha home industry tahu UD. Tahu Dk 16. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana strategi yang baik untuk meningkatkan strategi pemasaran guna meningkatkat volume penjualan dan pengembangan pasar dengan melakukan wawancara, observasi, quisioner sebagai dasar untuk analisa SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, Threats) dan ANP (Analitycal Network Process). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan metode analisa SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, Threats) menghasilkan 5 alternatif strategi SWOT untuk industri tahu tersebut yaitu 1 strategi untuk S-O, 1 strategi untuk W- O, 2 strategi S-T dan 1 strategi untuk W-T. Sementara untuk analytical network process berdasarkan hasil nilai pembobotan yang tertinggi diperoleh dari matriks normalisasi adalah strategi 1 (promosi) sebesar 0,57. Strategi 2 (produk terbaru) sebesar 0,04. Strategi 3 (kemitraan strategis) sebesar 0,11 dan strategi 4 (segmentasi pasar) sebesar 0,25. Dari hasil analisis ANP (Analitycal Network Process) yang didapat adalah strategi atau strategi dalam melakukan promosi lebih diprioritaskan atau di utamakan ketimbang strategi lainnya.


Keywords


Strategi Pemasaran, SWOT , ANP (Analytical Network Process)

Full Text:

PDF

References


Assauri Sofjan (2018) Manajemen Pemasaran, Jakartaa Raja Grafindo

Cahyono TriBambang,(1996), Manajemen Pemasaran,Jakarta : IPWI

Dermawan Putra Dwi, (2015) Analytic Network Process, Jakarta : Expert.

Rangkuti Freddy, (2014), Analisis SWOT, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Rewoldt, Scott dan Warshaw, (1991), Strategi Harga Dalam Pemasaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Rusydiana Slamet Aam dan Devi Abrista, (2013), Analytic Network Process Pengantar Teori dan Aplikasi,Bogor : SMART.

Srinadi, Putri dan Luh, (2016), Anlisis SWOT Sebagai Dasar Menentukan Strategi Pemasaran Kompetitif (Studi Kasus:Usaha Jasa Demokrasi x), Bali : STIKOM Bali.

Syafei, Amien, Wahyul, Surarso, Bayu dan Kusnadi, (2016), Implementasi Metode Analytic Network Proses Untuk Penentuan Rute Prioritas Penanganan Jalan Berdasarkan Tingkat Pelayanan Jalan,Semarang : Universitas Diponegoro.

Tjiptono Fandy, (1997), Strategi pemasaran, Yogyakarta : Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.31289/jime.v6i1.7028

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Teknik Indusri, Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jimedan Email: jime@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License